Profile
Kesehatan Bayi

5 Tips Hentikan Cegukan Pada Bayi

5 Tips Hentikan Cegukan Pada Bayi

Cegukan merupakan hal yang sangat sering dialami oleh seseorang. Namun kebanyakan orang tidak menganggapnya sebagai hal yang serius dan membahayakan. Jika pada orang dewasa hanya perlu menahan nafas beberapa detik untuk menghilangkan cegukan. Lalu bagaimana kalau cegukan terjadi pada bayi?

Jika bayi Anda mengalami cegukan sebetulnya permasalahannya sama saja, yang berbeda hanyalah cara penanganannya saja. Saat bayi Anda mengalami cegukan sebenarnya itu adalah hal yang normal dan wajar, asal cegukan tidak menganggu aktivitasnya, seperti tidur dan makan.

Cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya saat bayi Anda tidur meskipun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan cegukan lebih cepat yaitu dengan melakukan beberapa cara seperti berikut ini:

Merubah posisi menyusui

Kebanyakan bayi mengalami cegukan saat ia sedang menyusu. Hal itu disebabkan, tanpa sengaja bayi menelan terlalu banyak udara selama proses menyusui. Anda dapat merubah posisi menyusui Anda dengan benar untuk membatasi jumlah udara yang masuk ke mulut bayi.

Memberikan air hangat

Saat bayi cegukan, hal utama yang bisa Anda lakukan adalah memberikan air hangat kepada bayi.

Sendawa

Setelah selesai menyusui, sebaiknya Anda dapat membantu bayi Anda untuk bersendawa dengan mengangkat tubuh bayi dan posisikan berdiri di bahu Anda. Setelah itu Anda dapat menepuk-nepuk punggungnya dengan ringan.

Sandarkan bayi

Saat bayi Anda terus mengalamicegukan, sebaiknya Anda dapat menghentikan terlebih dahulu kegiatan menyusunya. Anda bisa mensadarkan bayi sambil menepuk punggungnya pelan. Hal itu dapat membantu mendorong udara ke atas dan menghentikan cegukan. Anda bisa melanjutkan kembali menyusui saat bayi sudah berhenti cegukan.

Makan secara teratur

Anda diwajibkan memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda selama 6 bulan tanpa memberikan makanan pendamping apapun. Setelah 6 bulan Anda baru diperbolehkan memberikan makanan pendamping ASI. Berilah makanan kepada bayi sedikit demi sedikit dengan perlahan untuk mencegah cegukan.

Saat bayi Anda mengalamicegukan, Anda tak perlu khawatir karena Anda dapat melakukan beberapa tips diatas untuk membasmi cegukan yang dialami oleh bayi Anda. Namun, jika bayi Anda mengalami cegukan lebih dari satu jam perlu diwaspadai dan segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

review by dr. Rahajeng A.P

 
Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur