Profile
Fitness & Exercise

6 Alasan Mengapa Olahraga Amat Penting!

6 Alasan Mengapa Olahraga Amat Penting!

Zaman sudah modern dan Anda masih enggan berolahraga? Come on! Mungkin Anda bertanya-tanya, apa hubungannya antara modernitas dengan olah fisik?  Jawabannya, tokoh-tokoh modern di berbagai bidang (bahkan termasuk tokoh-tokoh purba), mensyaratkan kebugaran tubuh sebagai salah satu aset pendukung karier mereka. Mulai dari aktor dan aktris hingga Presiden negara adidaya.

Presiden Barrack Obama dan istrinya Michelle, rutin fitnes 45 menit setiap hari, enam kali dalam seminggu. Bill Gates, pencipta dan pemilik Microsoft, orang terkaya di dunia, melakukan treadmill minimal satu jam setiap hari. Mereka tahu, berolahraga itu penting dan banyak manfaatnya. Mereka tahu, puncak karier hanya bisa dicapai dengan tubuh dan pikiran yang sehat. 

Jika hal tersebut masih tidak bisa memotivasi Anda untuk berolahraga, semoga enam alasan di bawah ini bisa membuat Anda bergerak segera. 

#1  Mencegah terkena penyakit
Tubuh manusia memang dirancang untuk bergerak. Tubuh membutuhkan olahraga. Berolahraga yang biasa penting bagi kebugaran tubuh dan kesehatan yang baik. Berolahraga rutin akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit-penyakit lain. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap penampilan Anda dan menunda proses penuaan. 

#2 Menambah stamina
Ketika berolahraga, tubuh memanfaatkan energi untuk dapat bertahan lama. Latihan aerobik melibatkan gerakan fisik yang terus menerus dan berirama seperti berjalan atau bersepeda. Latihan aerobik menambah stamina tubuh dengan melatih tubuh menjadi lebih efisien dan menggunakan energi yang lebih sedikit untuk tugas dalam jumlah yang sama. Seraya tingkat kondisi Anda bertambah, detak jantung dan pernapasan kembali ke level istirahat lebih cepat dari aktivitas yang berat.

#3 Menguatkan dan Menyehatkan
Latihan dengan beban dan latihan resistensi akan mengembangkan otot, tulang, dan ligament untuk menambah kekuatan dan ketahanan. Postur tubuh  Anda pun membaik dan otot menjadi lebih terbentuk dan menyehatkan. Artinya, Anda bukan hanya merasa lebih baik, tetapi juga terlihat lebih baik. 

#4 Meningkatkan fleksibelitas
Latihan peregangan juga bagus untuk postur tubuh Anda. Peregangan membantu tubuh lentur, sehingga Anda dapat membungkuk, melipat, menjangkau, dan berputar. Meningkatkan fleksibilitas melalui latuhan-latihan juga mengurangi risiko tubuh mengalami cidera dan meningkatkan keseimbangan serta koordinasi. Jika Anda memiliki area di tubuh yang terasa keras dan tegang seperti punggung atas atau leher, melakukan beberapa gerakan peregangan  akan membantu melemaskan otot-otot yang kaku, membantu Anda merasa lebih santai. 


#5 Mengontrol berat badan
Latihan atau berolahraga juga adalah kunci untuk mengontrol berat badan karena akan membakar kalori. Jika Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda masukkan ke dalam tubuh, maka berat badan Anda akan berkurang. It's as simple as that.

#6 Meningkatkan kualitas hidup
Begitu Anda mulai berolahraga secara rutin, Anda akan menemukan lebih banyak alasan mengapa berolahraga amatlah penting untuk memperbaiki kualitas hidup Anda. Berolahraga mengurangi stres, meningkatkan mood, dan membantu Anda menikmati tidur yang lebih nyenyak. Hal tersebut juga membuat Anda terlihat dan merasa lebih muda sepanjang hidup Anda. 


“Yang perlu Anda ingat adalah keuntungan dari program olahraga apa pun akan berkurang jika terlalu sering terganggu. Berolahraga dengan model ‘stop-mulai’  itu bukan hanya tidak efektif, tetapi juga bisa menyebabkan Anda terluka atau mengalami cidera. Melakukannya dengan konsisten, menjadi faktor yang paling penting untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan,” jelas Armand Tecco, pendiri HealthEase, Inc. Banyak orang breasumsi lebih banyak, lebih baik. Namun itu pendapat yang keliru. Berolahraga terlalu banyak, terlalu cepat, atau sangat intens setiap hari akan menyebabkan efek yang mengganggu seperti otot/ tendon yang tegang. (LT)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Anda punya pertanyaan seputar Fitness & Exercise ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya