Profile
Penyakit Jantung

6 Sumber Lemak Baik untuk Jantung

6 Sumber Lemak Baik untuk Jantung

Jantung membutuhkan perlindungan dan perawatan yang memadai untuk dapat bertahan dan tetap sehat hingga usia lanjut. Lalu, benarkah lemak selalu berakibat buruk bagi jantung? Sebenarnya, ada beberapa makanan sumber lemak yang justru bisa menyehatkan jantung, lho. Berikut di antaranya:

Ikan

Ikan seperti salmon, makarel, hering, sarden, dan tuna merupakan sumber asam lemak omega-3 yang mengandung lemak sehat yang baik bagi jantung. Asam lemak omega-3 pun bisa mempertajam kemampuan otak. Maka, Anda sebaiknya mengonsumsi ikan-ikan jenis tersebut setidaknya dua kali dalam seminggu masing-masing sebanyak 3 ons dengan cara dipanggang atau direbus.

Avokad

Buah avokad yang berdaging kekuningan yang lembut ini dapat menyehatkan bagi jantung serta meminimalkan gejala osteoarthritis. Saat dimakan dengan makanan lain, nutrisi avokad akan lebih maksimal terserap oleh tubuh. 

Biji-bijian

Biji labu kecil, biji bunga matahari, dan wijen mengandung lemak baik yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Kacang-kacangan

Ingin ngemil? Pilih saja kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnuts, dan pecan yang baik bagi jantung. Pasalnya, kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang tidak meningkatkan jumlah kolesterol jahat. Kandungan vitamin E dalam kacang juga bisa membantu menghentikan pembentukan plak di pembuluh darah.

Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, kale, dan kol Brussels memiliki kandungan omega-3. Ingat, omega-3 tidak diproduksi langsung oleh tubuh dan hanya dapat diperoleh dari makanan. Oleh karena itu, diperlukan sayuran hijau yang kaya akan kandungan omega-3 untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang terjangkau dan mudah didapatkan. Kandungan lemak dalam telur pun kurang dari 5 gram, sehingga tidak membahayakan jantung. Namun, perhatikan porsinya. Jadi, cukup makan satu telur per hari.

Di-review oleh dr. Ryan Ranitya, SpPD-KKV FINASIM

 
Anda punya pertanyaan seputar Penyakit Jantung ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Posisi seks konon dapat meningkatkan peluang hamil, padahal ada cara lebih efektif yang bisa Anda lakukan Benarkah Posisi Seks Tingkatkan Peluang Hamil?