Profile
Kesehatan A-Z

Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa Bagi Ibu Menyusui

Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa Bagi Ibu Menyusui

Berikut adalah tips bagi ibu menyusui yang tetap segar saat berpuasa.

Ibu masih menyusui ASI dan berpuasa? Bagaimana puasanya? Apakah masih lancar atau mulai terasa berat? Boleh saja bila Anda tidak berpuasa di bulan Ramadan kali ini, dan membayar utang puasa dengan berpuasa di lain waktu atau pun membayar fidiyah. Namun, bila ibu tetap ingin melanjutkan berpuasa atau ingin mencoba berpuasa, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Usia bayi sebaiknya menjadi pertimbangan. Bila usia bayi 4-6 bulan, di mana Anda masih memberikan ASI eksklusif, Anda tidak wajib puasa. Bila bayi telah berusia di atas enam bulan dan sudah mendapatkan makanan tambahan, Anda boleh saja berpuasa, dengan mengatur frekuensi menyusui lebih banyak pada malam hari.

Berpuasa saat menyusui tidak mempengaruhi kesehatan bayi. Mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh selama berpuasa tidak berpengaruh terhadap jumlah susu yang dihasilkan. Tubuh Anda bisa beradaptasi secara alami.  Tubuh akan menebus kekurangan makanan atau cairan yang masuk dengan mengendalikan pelepasan energi dan meningkatkan produksi susu.

Satu studi menunjukkan bahwa kadar beberapa nutrisi dalam ASI (zinc, magnesium dan kalium) menurun jika Anda menyusui berpuasa selama bulan Ramadan. Jadi, cobalah makan dengan baik saat sahur dan berbuka puasa. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang, yaitu karbohidrat, lemak, protein, serat dan vitamin. Pastikan ibu makan tiga kali sehari, yaitu saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur. 

Puasa seringkali membuat tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini bisa membuat Anda mengalami dehidrasi. Ciri-ciri dehidrasi di antaranya merasa sangat haus, pusing, lelah dan kurang stamina, mulut dan bibir kering. Bila Anda mengalami gejala dehidrasi, jangan melanjutkan puasa, segera berbuka, minumlah untuk mengembalikan cairan yang hilang. Bila perlu minum cairan elektrolit

Untuk mencegah dehidrasi  siasati dengan menjaga cairan tubuh saat puasa, di antaranya dengan menghindari makanan pedas karena bisa meningkatkan rasa haus. Perbanyak konsumsi buah dan sayur karena mengandung banyak air.  Kurangi kopi dan teh saat sahur karena akan membuat Anda cepat haus. Teh dan kopi memiliki efek diuretik dimana Anda akan sering buang air kecil, sehingga banyak cairan yang akan terbuang. Penuhi kecukupan tubuh akan cairan dan ion karena ion bisa menahan cairan lebih lama sehingga Anda tidak cepat haus.

 

Ditinjau Oleh: dr. Monique Carolina Widjaja, M.Gizi, SpGK

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA Gatal pada payudara dan puting bisa disebabkan oleh masalah kuit, menstruasi, menyusui dan lainnya 9 Sebab Gatal pada Payudara dan Puting