Profile
Gigi & Kesehatan Mulut

Arti Warna Lidah Dalam Kesehatan

Arti Warna Lidah Dalam Kesehatan

Lidah adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peran penting dalam menentukan suatu rasa. Oleh karena itu, jika lidah bermasalah, tentu akan memengaruhi rasa dari makanan atau minuman yang kita makan. Tak hanya itu, warna lidah pun bisa mengartikan kesehatan Anda lho.

Jadi, perubahan warna pada lidah bisa dikaitkan dengan kesehatan yang sedang terjadi dengan tubuh Anda. Meski warna lidah bisa dikaitkan dengan makanan yang Anda konsumsi, hal ini juga bisa jadi sebagai tanda suatu penyakit. Berikut diantaranya:

Merah terang

Warna merah pada lidah menunjukan bahwa Anda kekurangan nutrisi tertentu, terutama vitamin B dan zat besi.  Zat besi bisa Anda temukan pada daging merah, ikan, kacang-kacangan dan apricot. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah yang diperlukan untuk energi dan vitalitas. 

Sedangkan vitamin B dibutuhkan untuk metabolisme tubuh, pertumbuhan sel dan fungsi sistem saraf. Vitamin B pun bisa Anda dapatkan pada daging, kerang, kacang-kacangan, dan beberapa sumber vitamin B lainnya.

Ungu

Warna ungu pada lidah bisa menandakan bahwa Anda menderita kolesterol yang tinggi,  yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Lidah yang berwarna ungu pun bisa menandakan bahwa seseorang mengidap bronchitis kronis. Ini tentu kondisi yang sangat berbahaya, dan Anda disarankan untuk segera menghubungi dokte,r untuk mendapatkan penangan lebih lanjut. 

Putih

Lidah yang berwarna putih bisa disebabkan oleh rokok, dehidrasi, atau mulut kering. Warna putih biasnaya dikarenakan adanya bakteri, sel-sel mati yang terdapat pada lidah. Seseorang yang lidahnya berwarna putih, umumnya mengalami anemia ataupun tanda sariawan. Selain itu, yang perlu diwaspadai adalah leokoplakia, bercak keratotik putih yang terlihat di lidah dan rongga mulut ini adalah kondisi pra kanker.

Pucat

Warna lidah pucat, menandakan bahwa Anda kekurangan  protein, dan zat besi. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan lesu pada seseorang yang mengalaminya. Jika Anda mengalami hal ini, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging, terutama hati.

Cokelat

Seseorang yang mempunyai lidah berwarna cokelat atau coklat gelap, kemungkinan orang tersebut mengidap kanker. Seseorang yang memiliki lidah berwarna ini akan mengalami rasa sakit setiap saat. Selain itu, orang tersebut pun akan mengalami rasa seperti terbakar, bengkak, ketidak mampuan dalam mencicipi sesuatu, gerakan abnormal, bahkan kesulitan menggerakkan lidah. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka jangan ragu untuk segera menghubungi dokter, supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Ditinjau oleh: dr. Tri Aria Wibowo

 
Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif