Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Bahaya Mengorek Kuping

Bahaya Mengorek Kuping

Kebiasaan mengorek kuping atau membersihkan bagian dalam telinga menggunakan cotton bud atau korek kuping ternyata  berbahaya. Sebut saja gendang telinga pecah, radang saluran telinga, infeksi telinga, bahkan hilangnya pendengaran. Lain halnya bila korek kuping digunakan untuk telinga bagian luar. Hal ini tidak masalah.

Saluran lubang telinga memiliki sel yang menghasilkan cerumen atau kotoran telinga (earwax). Bagi sebagian orang, jumlah kotoran telinga ini cepat bertambah dan sering menumpuk, sehingga menyumbat pendengaran dan kadang menimbulkan sakit dan gatal. Hal ini pula yang membuat seseorang membersihkan telinga dengan memakai korek kuping. 

Nah, gendang telinga yang mengatur pendengaran bisa tersentuh oleh korek kuping. Padahal gendang telinga terbilang lunak dan rapuh sehingga mudah pecah. Bahkan bila hanya disentuh dengan lembut. Saat gendang telinga pecah, timbul rasa sakit dan mengeluarkan cairan bening. Proses penyembuhan gendang telinga pun memakan waktu yang lama dan berisiko membuat kehilangan pendengaran.


Bagian dalam telinga sebenarnya cukup dibersihkan saat terkena air ketika Anda mandi atau mencuci rambut maupun wajah. Air yang masuk akan membersihkan,melunakkan, dan menguraikan kotoran telinga yang sudah terkumpul. 

Selain itu, kulit di bagian dalam telinga tumbuh menghadap keluar dengan pola spiral atau melengkung. Jadi, seiring mengelupasnya kulit kanal telinga, kotoran telinga juga ikut terbawa dan terbuang. Sering kali, kotoran telinga akan keluar sendiri saat Anda sedang tidur atau sedang mengunyah makanan sehingga pemakaian korek kuping sebenarnya tidak terlalu penting. Justru pemakaian korek kuping sering mendorong masuk kotoran telinga yang akan keluar menjadi lebih dalam.

Akan tetapi, bila kotoran telinga Anda sangat banyak, keras, dan menganggu, segera temui dokter. Utamanya dokter spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan - Kepala,Leher (SP.THT-KL) agar bisa menerima perawatan kotoran telinga yang aman dan bebas rasa sakit.

Di-review oleh dr. T. Ari Wibowo
 

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami