Profile
Kesehatan Bayi

Bayi Baru Lahir, Ini Tahapan Perkembangannya

Bayi Baru Lahir, Ini Tahapan Perkembangannya

Pada umumnya Bayi baru lahir ke dunia setelah sembilan bulan lebih berada di dalam kandungan. Anda dan pasangan pasti merasa takjub sebab dengan berbagai tumbuh kembang yang dialami bayi. Oleh karena itu, tidak jarang para orangtua baru sering keheranan dan bertanya mengenai perkembangan bayi baru lahir. Hal ini tentu terjadi sebab Anda sebagai orangtua ingin tahu cara merawat bayinya dengan benar.

Nah, tubuh dan otak bayi baru lahir hingga berusia 3 bulan biasanya berkembang pesat. Percaya atau tidak, salah satu perkembangan bayi baru lahir adalah tersenyum. Hal ini terjadi saat bayi baru berusia beberapa hari, lho. Senyuman ini memang bisa berarti upaya bayi mengeluarkan gas dari perutnya. Akan tetapi, saat usia bayi menginjak 3 bulan, senyumannya berarti respons terhadap suara atau wajah Anda. 

Nah, berikut ini beberapa tahapan perkembangan bayi baru lahir yang perlu Anda ketahui.


Mengapa bayi baru lahir tidur terus?
Bayi baru lahir hingga beberapa hari kelahirannya masih sering sekali tidur atau dengan kata lain banyak tidur. Bayi baru lahir bisa tidur dengan total 16 – 17 jam dalam sehari. Namun, saat usia bayi baru lahir sudah memasuki 8 minggu atau sekitar 2 bulan, pola tidur bayi baru lahir akan menyesuaikan dan teratur dengan sendirinya. Jadi, jangan heran jika bayi baru lahir lebih banyak tidur pada siang hari dan terjaga pada malam hari. 

Kenapa bayi baru lahir sering menangis?
Bayi baru lahir hingga usia beberapa bulan memang masih sering menangis. Hal ini disebabkan bayi belum bisa berkata-kata untuk mengekspresikan kemauannya. Satu-satunya cara mengungkapkan keinginannya adalah menangis


Jika bayi menangis, Anda bisa berbicara dengan lembut atau sekadar membelainya supaya bayi dapat merasakan sentuhan hangat ibunya. Nah selain itu, Anda juga bisa mencium, menggendong, memijat perlahan, atau pun melakukan komunikasi (mengobrol) dengan bayi. Hal tersebut dipercaya dapat membuat bayi lebih tenang dan berhenti menangis. 

Apakah bayi baru lahir bisa diajak bermain?
Tentu saja bayi baru lahir bisa Anda ajak bermain. Hal yang dapat dilakukan adalah melakukan keterampilan tangan atau memainkan dan menggerak-gerakkan tangannya. Anda pun bisa mengajak bayi baru lahir bermain sebab ia biasanya akan merasa bosan dan menangis bila terlalu lama tidur. Namun, hal ini biasanya bisa Anda lakukan jika bayi terlah berusia 3 bulan. 


Adakah cara mengetahui bayi baru lahir berkembang secara normal?
Setiap bayi memiliki tingkatan dan kecepatan yang berbeda dalam hal perkembangan dan pertumbuhan. Demikian pula soal perkembangan otak maupun kemampuan.

Anda bisa mengetahui apakah bayi Anda berkembang sesuai usianya adalah dengan cara memantau setiap perkembangannya dari bulan ke bulan. Selain itu, bawalah bayi Anda ke dokter. Misalnya, sebulan sekali atau bersamaan dengan jadwal imunisasi. Lalu, jangan lupa tanyakan ke dokter anak mengenai kemajuan pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. (DV)

Ditinjau oleh dr. Cynthia Utami, Sp.A

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur