Profile
Strep Throat

Bebas Gatal Pada Tenggorokan

Bebas Gatal Pada Tenggorokan

Tenggorokan gatal? Pasti sangat mengganggu. Aktivitas juga jadi terganggu gara-gara tenggorokan tidak bisa diajak kompromi. Memang sih, gatal pada tenggorokan bukan keluhan penyakit serius, namun bila tidak kunjung hilang rasa gatalnya, tentunya bikin kita stres. Gatal pada tenggorokan biasanya disertai juga dengan batuk. Kedua kondisi ini kerap datang secara bersamaan yang disebabkan oleh berbagai penyakit atau kondisi kesehatan. 

Mengapa tenggorokan bisa gatal? Di dalam tenggorokan ada selaput lendir yang terdiri dari beberapa susunan syaraf. Keberadaan lendir tersebut untuk melindungi ujung-ujung syaraf dan dinding bagian dalam tenggorokan.  Lendir itu  sendiri diproduksi oleh kelenjar kecil yang terdapat pada selaput lendir. Jika lendir  itu mengering atau kelenjar tidak menghasilkan lendir yang cukup,  ujung-ujung syaraf tenggorokan akan mengalami iritasi sehingga muncullah rasa gatal pada tenggorokan. 

Kelenjar tidak menghasilkan lendir yang cukup sehingga berakibat gatal, karena beberapa hal di antaranya  alergi, batuk pilek, asma, infeksi di saluran pernapasan, juga iritasi karena terpapar debu atau debu kering. Di negara berikim tropis seperti Indonesia, penyebabnya kebanyakan adalah karena faktor lingkungan.  Perubahan iklim menjadi kering, berdebu, dengan hujan yang tidak menentu dan diselingi cuaca panas terik,  membuat agen pembawa penyakit seperti virus dan bakteri, mengalami perubahan yang berujung pada semakin mudahnya mereka bersarang pada tubuh.

Selain perubahan agen pembawa penyakit, kebiasaan buruk seperti merokok, tidak memakai pelindung saat terpapar polusi udara, kurang menjaga kebersihan lingkungan, dapat juga menjadi penyebab  datang penyakit tenggorokan yang berakibat tenggorokan gatal. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas,  asam, terlalu panas maupun dingin, juga dapat berkontribusi pada tenggorokan gatal. 

Tenggorokan gatal biasanya tidak perlu penanganan khusus karena dalam waktu seminggu pun bisa pulih dengan sendirinya. Jika gatal pada tenggorokan disertai dengan kesulitan bernapas, menderita sleep apnea, sakit saat menelan hingga mengalami infeksi paru-paru atau pneumonia, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pertolongan medis. 

Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat bisa mengurangi gejala gatal. Di antaranya olahraga karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menambah kapasitas pernapasan pada paru-paru agar sanggup menghirup lebih banyak oksigen untuk disalurkan dalam darah, dan lebih banyak membuang karbondioksida dari tubuh. 

Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan energi, menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hentikan juga kebiasaan buruk merokok dan kurang waktu beristirahat, serta meminum minuman keras. Hindari kondisi stres dan lakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengecek kesehatan Anda. Perhatikan juga  jenis makanan yang Anda konsumsi setiap harinya, hindari gorengan, makanan terlalu padas maupun terlalu asam. Stop minum es dan gantikan dengan air putih. 

Agar tenggorokan bebas gatal, menjaga kesehatan dan banyak istirahat, serta mengonsumsi makanan bergizi, saja tidak cukup. Anda juga perlu mengonsumsi tablet hisap pelega tenggorokan dan pembasmi gatal tenggorokan. Pilihlah tablet hisap pelega tenggorokan dan pembasi gatal tenggorokan yang terpercaya dan mudah didapatkan. Strepsils, produk yang lahir di Nottingham, Inggris pada tahun 1958 dan hingga kini sudah menjadi konsumsi lebih dari 100 negara di dunia, adalah pilihan tepat untuk mengatasi tenggorokan gatal. 

Di dalam Strepsils, terdapat dua zat aktif dengan manfaat sebagai berikut:
1.Amlymetacresol 0.6 mg, bahan antiseptik yang bermanfaat menyembuhkan infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan.
2.Dibenal 1.2 mg, antiseptik yang sanggup membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi tenggorokan.

Strepsils bekerja aktif dengan cara kerja sebagai berikut: Ketika tablet dihisap, air liur akan terstimulasi dan membawa kedua zat aktif  tersebut untuk melapisi tenggorokan dan membunuh patogen gangguan tenggorokan.  Hanya dalam waktu 5 menit, efeknya bisa langsung Anda rsakan. Efek ini lebih cepat Anda dapatkan dibandingkan produk lain. Efek ini juga bisa bertahan 2 jam setelah dikonsumsi. 

Tersedia banyak varian Strepsils, yaitu Strepsils Original dengan rasa peppermint. Strepsils soothing dengan rasa madu dan lemon. Strepsils Cool dengan sensasi dinginya. Strepsils vitamin C dengan kandungan 1000 mg vitamin C. Strepsils Sugar Free dengan rasa lemon yang cocok untuk penderita diabetes. Dan Strepsils Children dengan rasa strawberry dan aman untuk anak. 

Ingin tahu secara lebih detail jenis sakit tenggorokan yang Anda alami dan menemukan solusi yang tepat? unduh saja aplikasi mobile “How’s Your Throat Today?” yang dapat Anda unduh di smartphone Android atau Ios. Melalui aplikasi ini, Anda dapat s mengecek kondisi tenggorokan saat ini dengan mudah, cepat dan bebas biaya. 
Caranya? Sangat mudah. Cukup dengan mengambil gambar tenggorokan dan melihat kondisinya dengan jelas, Anda jadi tahu apakah tenggorokan Anda hari ini berada dalam kondisi sehat atau kurang fit sehingga Anda bisa mencegah kondisi tenggorokan makin parah. 

Di dalam aplikasi ini, terdapat juga fitur “Ask the Expert”, di mana pengguna dapat langsung bertanya pada ahli tentang kondisi tenggorokan. Fitur “Myth or Fact Quizzes” juga tersedia untuk membantu Anda  mengecek fakta atau mitos kesehatan tenggorokan. Untuk memastikan tenggorokan Anda dalam kondisi terbaik, aplikasi ini bahkan juga memiliki fitur “Recent Weather Forecast”, yang memungkinkan Anda mengetahui kondisi cuaca agar Anda siaga menjaga kesehatan tenggorokan jika cuaca akan memburuk. 

Yuk, segera unduh aplikasi di App Store (http://apple.co/1AmKDXQ) dan Google Playstore (http://bit.ly/1SguDMN) gratis, dengan nama “STREPSILS HOW’S YOUR THROAT TODAY?” sekarang dan jaga kesehatan tenggorokan Anda untuk kelancaran aktivitas Anda sehari-hari. 

 

Anda punya pertanyaan seputar Strep Throat ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya