Profile
Influenza

Benarkah Masker Bisa Cegah Penularan Flu?

 Benarkah Masker Bisa Cegah Penularan Flu?

Flu mudah menyebar tidak hanya dengan bersin atau batuk tapi juga melalui pernapasan

Musim hujan seperti ini, virus flu mudah sekali menyebar. Sebuah studi baru dari University of Maryland menunjukkan bahwa virus flu menyebar tidak melulu melalui bersin atau batuk tapi juga lewat hanya pernapasan. 

Anda pasti sudah tahu bahwa sakit flu bisa dicegah dengan vaksinasi dan rajin mencuci tangan. Namun kini, orang-orang melangkah lebih jauh demi mencegah flu, yaitu dengan memakai masker yang biasa dipakai dokter kala operasi (masker bedah). 

Pertanyaannya, benarkah memakai masker bedah bisa membantu mencegah penularan flu?

 "Ya, bisa," kata Dr. SherifMossad, seorang spesialis penyakit menular di Klinik Cleveland. Virus flu menular lewat udara dan masker, secara mekanis, bisa membantu virus ini menyerang orang lain. Masker bedah mencegah penularan virus flu dengan dua cara, mencegah virus flu menyerang orang lain dan mencegah penderita menyebarkan virusnya ke orang lain. Jadi, masker bisa dipakai untuk orang sehat yang sedang menghindari virus flu dan orang yang sedang sakit flu.

“Pilih masker sekali pakai dan pastikan kemasannya tidak rusak,"pesan Dr. Susan Besser, seorang dokter kedokteran keluarga di Mercy Personal Physicians di Baltimore, Maryland. "Masker sekali pakai adalah yang terbaik.  Setelah dipakai, masker akan menjadi kotor dan mungkin penuh kuman. Itu sebabnya, Anda harus langsung membuangnya."

Ingat juga, masker tidak 100% efektif melindungi Anda dari serangan flu. Anda harus melengkapi diri dengan strategi lainnya. Rajin mencuci tangan adalah strategi nomor satu," kata Besser. Kemudian, dapatkan vaksinasi flu dan tutup hidung dan mulut saat Anda batuk atau bersin (dengan lekukan lengan bukan dengan tangan Anda). 

Sementara itu, Dr. Mossad berpesan, “Buat saya pribadi, memakai masker lebih banyak menganggunya dibanding bergunanya. Namun jika Anda merasa perlu untuk memakainya dalam upaya mencegah penularan flu, Anda harus memakainya selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu demi menghindari kemungkinan kontak dengan virus yang banyak bertebaran di udara saat musim flu tiba. Dan jika Anda sudah terlanjur sakit, penggunaan masker adalah suatu keharusan. Anda punya tanggung jawab untuk mencegah orang lain tertular penyakit yang Anda derita.”

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

 

Anda punya pertanyaan seputar Influenza ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat