Profile
Nutricoach

Bolehkah Diet Saat Hamil Tua?

Bolehkah Diet Saat Hamil Tua?

Selain asupan, berat badan wanita hamil juga penting untuk diperhatikan

Selain asupan, berat badan seorang wanita selama kehamilan sangat penting untuk diperhatikan. Penentu besaran kenaikan berat badan pada kehamilan dan pengaruhnya terhadap kesehatan ibu dan bayinya adalah berat badan wanita pada awal kehamilan (indeks massa tubuh/IMT).  Untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, ibu hamil diharapkan tidak hanya berada dalam kisaran IMT normal, tetapi juga kenaikan berat badannya dalam rentang sesuai rekomendasi. 

Wanita harus bertambah berat badan selama kehamilannya untuk mendukung bayi yang sedang berkembang dan mencegah komplikasi kehamilan, namun rekomendasi penambahan berat badan bervariasi berdasarkan berat badan sebelum kehamilan. Wanita yang kelebihan berat badan disarankan untuk menambah berat badannya lebih sedikit dari mereka yang lebih ramping. Wanita hamil yang kelebihan berat badan juga  masih membutuhkan nutrisi tambahan untuk bayi mereka, sehingga mengikuti rencana makan yang sehat tetap penting. Namun, berapa banyak berat badanwanita yang harus diraih tergantung pada berat badan sebelum hamil. 

Rekomendasi kenaikan berat badan ibu hamil

IMT

Kenaikan berat badan

BB kurang (<18,5)

Normal (18,5-24,9)

BB lebih (25-29,9)

Obes (≥ 30)

 

12,5 - 18 kg

11,5 - 16 kg

7 - 11,5 kg

5,0 - 9,0 kg

Sumber: Weight Gain During Pregnancy: Reexamining the Guidelines. Institute of Medicine (IOM). 2009

Untuk itu wanita hamil yang kelebihan berat badan tidak direkomendasikan untuk mencoba berdiet guna menurunkan berat badan. Perhatian ini mengacu pada seringnya diet yang dilaksanakan berupa diet yang tidak seimbang dan pembatasan kalori yang berlebihan. Yang dapat dilakukan adalah mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, dengan mengadopsi rencana makan sehat yang mencakup banyak makanan kaya gizi dan cukup kalori, juga disertai aktivitas fisik.

Wanita hamil yang kelebihan berat badan harus mendekati asupan kalori harian yang direkomendasikan selama kehamilan mereka. Buah-buahan, sayuran dan biji-bijian merupakan pilihan untuk wanita hamil yang kelebihan berat badan. Makanan tersebut umumnya mengandung nutrisi penting untuk kehamilan, seperti asam folat, vitamin C dan zatbesi, selain juga rendah kalori dan mengenyangkan. 

Selain itu, protein tanpa lemak (ikan, dada ayam tanpa kulit)) dan produk susu rendah lemak adalah sumber penting protein dan kalsium. Yoghurt rendah lemak, dada ayam panggang dan kacang hijau merupakan pilihan sehat bagi wanita hamil yang kelebihan berat badan. Ppelru juga membatasi asupan minyak, gula dan garam untuk menghindari kelebihan berat badan. Belajar mengukur ukuran porsi merupakan keterampilan penting bagi setiap wanita hamil, terutama yang kelebihan berat badan. Wanita yang memperhatikan ukuran porsi mereka berpotensi menghindari makan terlalu banyak.  
 
Pembatasan asupan energi untuk menurunkan berat badan tidak tepat pada setiap trimester kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Penurunan asupan (diet) pada trimester ketiga tidak bermanfaat dan dapat membahayakan janin, selain itu asupan energi dan nutrisi yang tidak memadai pada trimester ketiga dapat mempengaruhi proses persalinan. Hal ini dikarenakan proses persalinan merupakan kegiatan fisik yang membutuhkan banyak energi dan zat gizi, sehingga tubuh harus mempersiapkan cadangannya.
 
Selain itu, kehilangan berat badan yang berlebihan pada kehamilan dapat menghasilkan keton dan metabolit lainnya (racun tubuh) yang dapat menciptakan stress metabolic dan dapat merugikan perkembangan janin dan kesehatan Ibu. Diet dengan menurunkan asupan pada trimester ketiga juga dapat terpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan payudara dalam persiapan menyusui. 
 
Biasanya ada dua tujuan membatasi asupan pada wanita hamil dengan overweight atau obesitas, yaitu diet untuk mengurangi risiko pre-eklampsia dan diet untuk mencegah obesitas. Karena obesitas adalah salah satu faktor risiko terjadi pre-eklampsia. Namun bukan berarti dengan diet ketat selama kehamilan, utamanya trimester ketiga. Asupan seimbang dengan jumlah sesuai kebutuhan dan pemilihan bahan makanan, serta pengolahan makanan diharapkan mampu menjaga berat badan sesuai rekomendasi. (dr.Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK)
 
Referensi :
- Institute of Medicine.  Weight Gain During Pregnancy: Reexamining the Guidelines.  May 2009. http://www.iom.edu
- Ministry of Health. 2006. Food and Nutrition Guidelines for Healthy Pregnant and Breastfeeding Women: A background paper. Wellington: Ministry of Health
Anda punya pertanyaan seputar Nutricoach ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya