Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

Cara Atasi Jerawat di Usia Dewasa

Cara Atasi Jerawat di Usia Dewasa

Jerawat biasanya “tumbuh subur” saat usia remaja atau menjalani masa puber. Lantas mengapa jerawat masih “betah tinggal” saat usia Anda sudah melewati kepala dua?

Penyebab jerawat adalah wajah berminyak, bakteri, perubahan hormon akibat kehamilan dan menstruasi, kebiasaan merokok, dan faktor keturunan. Beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat dewasa adalah stres dan makanan seperti cokelat, gula, dan makanan berlemak. 

Pada dasarnya, terdapat dua jenis jerawat pada orang dewasa. Yaitu: 
1. Komedo.
Komedo terbentuk di bawah permukaan kulit saat minyak (sebum) bereaksi dengan udara di sebagian pori-pori wajah yang tersumbat. Saat pori-pori tersumbat seluruhnya, timbullah komedo. 

Komedo bisa diatasi dengan membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan pembersih wajah. Pakai air hangat dan jangan menggosok wajah terlalu keras. Selain itu, batasi penggunaan make-up yang berlebihan karena bisa menyumbat pori-pori. 
Bila ingin berdandan, pilihlah jenis make-up bebas minyak, mengandung tabir matahari (sunblock), serta tidak memicu timbulnya jerawat maupun komedo. 


2. Jerawat meradang atau jerawat batu. 
Pada jerawat batu, folikel kulit tersumbat sangat dalam di bawah permukaan kulit. Jerawat ini membutuhkan obat-obatan berupa pil antibiotik serta krim wajah yang mengandung retinoids. Hindari menggaruk, memencet, maupun memecahkan jerawat batu karena hanya akan memperburuk jerawat dan menyisakan bekas luka.

Salah satu cara mengatasi jerawat adalah meminum pil KB yang sanggup mengontrol dan membantu memblokir hormon androgen. Hormon inilah yang memicu produksi minyak menjadi lebih banyak. Meski demikian, jerawat bisa kembali menghiasi wajah saat Anda berhenti mengonsumsi pil KB. Oleh karena itu, selalu konsultasikan penggunaan pil KB kepada dokter Anda.

Agar Anda bisa mencegah timbulnya jerawat dewasa, hindari kebiasaan menyentuh wajah yang dapat menambah minyak, mengiritasi kulit, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri. Kemudian, jauhkan rambut berminyak dari kulit wajah dan kenakan produk perawatan rambut bebas minyak. Selain itu, selalu perlakukan kulit wajah dengan ekstra hati-hati. Misalnya, gosok wajah dengan ujung jari menggunakan pembersih wajah yang tidak kasar dan hindari penggunaan lap maupun spons wajah. 

 

Di-review oleh dr. Silvia Veronica, SpKK
 

Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu