Profile
Gigi & Kesehatan Mulut

Cara Memutihkan Gigi

Cara Memutihkan Gigi

Bagaimana cara memutihkan gigi yang aman ? Gigi putih adalah idaman semua orang. Pasalnya, dengan gigi putih, bersih, dan sehat, Anda tidak akan merasa malu jika tertawa atau tersenyum alias lebih percaya diri. Namun, pada kenyataannya gigi tidak bisa seputih yang diharapkan. Penyebab perubahan warna gigi adalah makanan atau minuman yang dapat menodai gigi, merokok, konsumsi antibiotik, jarang menggosok gigi, hingga pertambahan usia.

Cara memutihkan gigi dengan bleaching

Memutihkan gigi bisa dilakukan dengan cara bleaching dan veener. Menurut drg. Nadriati, perbedaannya terletak pada bahan pemutih gigi. “Bleaching menggunakan bahan kimia yang mengandung asam, sedangkan veener adalah melapis gigi dengan bahan porselen atau resin komposit. Cara memutihkan gigi yang diambil biasanya berdasarkan indikasi dan keinginan Anda."

Alternatif lainnya? Anda bisa mencoba cara memutihkan gigi secara alami seperti berikut ini :

Pasta gigi

Kebanyakan pasta gigi berbentuk pasta, gel, dan cairan yang dapat menghapus noda pada gigi. Nah, salah satu cara memutihkan gigi adalah menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih (whitening). Hal tesebut akan membuat gigi lebih putih. 

Baking soda

Anda bisa membuat gigi lebih putih dengan perawatan yang dilakukan di rumah ini. Misalnya, mencampur baking soda dengan perasan lemon, lalu gosokkan campuran tersebut pada gigi dan ulangi sesering mungkin.

Buah-buahan

Menggosokkan buah apel, pir, atau wortel pada gigi secara langsung juga bisa memutihkan gigi secara alami. Strawberry pun bisa dipakai sebagai cara memutihkan gigi secara alami sebab mengandung astringent dan vitamin C yang dapat menghilangkan noda dan plak pada gigi.

Hindari minuman tertentu

Selain merokok, Anda pun disarankan untuk menghindari minuman yang bisa membuat gigi kuning. Misalnya kopi, teh, atau minuman bersoda yang berwarna gelap lainnya. Pemanis, pewarna, dan kandungan asam dalam minuman soda, misalnya, adalah “tersangka utama” penyebab gigi kuning.

Secara sederhana, makanan atau minuman yang bisa membuat baju Anda bernoda akan membuat warna gigi berubah. Jadi, hindarilah makanan dan minuman tersebut sebagai cara memutihkan gigi. 

Hindari penggunaan bahan ini

Beberapa kandungan bahan berikut ini dapat membuat gigi menjadi kuning atau berubah warna: 

  • Obat kumur yang mengandung chlorhexidine atau cetypyridinium chloride.
  • Tetrasiklin yang dapat menyebabkan gigi berwarna abu-abu.
  • Obat yang mengandung zinc.
  • Flouride yang terlalu banyak dapat menyebabkan perubahan warna ada gigi.
  • Beberapa obat antihistamin serta antipsikotik dan obat darah tinggi.

Periksa dokter gigi

Mengunjungi dokter gigi secara teratur adalah salah satu cara memelihara gigi serta menghindarkan gigi dari perubahan warna. Para dokter menyarankan untuk mengunjungi dan memeriksakan gigi ke dokter minimal 6 bulan sekali. (DV) 

Ditinjau oleh dr. Aria Wibowo

 
Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor
Bahaya merokok bagi kesehatan, selain kanker, juga bisa mempercepat penuaan dan masalah seksual. Tidak hanya perokok aktif yang mendapatan efek negatif rokok. Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yuk, Bikin Puasamu #LebihEnak dengan SOYJOY Crispy Yuk, Bikin Puasamu #LebihEnak dengan SOYJOY Crispy