Profile
Jerawat

Cara Mengatasi Jerawat

Cara Mengatasi Jerawat

Cara mengatasi jerawat yang membandel ternyata bukan perkara sepele. Pasalnya, jerawat adalah masalah kulit yang sangat menganggu. Umumnya jerawat juga timbul saat remaja, tepatnya pada masa pubertas. Akan tetapi, jerawat juga bisa muncul di usia dewasa.

Jerawat biasanya muncul di sekitar wajah, leher, dada, punggung, dan bahu. Hal itu disebabkan karena daerah tersebut banyak mengandung kelenjar minyak. Saat produksi sebum atau minyak terlalu banyak, pori-pori kulit dan folikel-folikel rambut menjadi tersumbat sehingga memunculkan bakteri yang menyebabkan jerawat. 

Penyebab jerawat biasanya dikarenakan oleh faktor hormon. Misalnya, ketika wanita sedang dalam masa sindrom pramenstruasi. Selain faktor hormon, gaya hidup juga menjadi penyebab jerawat. Oleh karena itu, cara mengatasi jerawat sebaiknya dimulai dengan mengubah gaya hidup. 

Istirahat yang cukup

Menurut sebuah penelitian, kurangnya istirahat pada malam hari dapat memicu terjadinya stres. Padahal stres dapat meningkatkan produksi glukokortikoid yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada struktur dan fungsi kulit. Stres juga memperparah jerawat yang sudah ada di kulit Anda.

Olahraga

Olahraga dapat membantu menurunkan tingkat stres yang menyebabkan timbulnya jerawat. Tak hanya itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengirimkan lebih banyak oksigen ke sel-sel kulit. Namun, olahraga juga dapat menyebabkan jerawat jika Anda tak segera membersihkan diri. Oleh karena itu, lekas mandi setelah berolahraga.

Meningkatkan asupan air

Meningkatkan asupan air untuk tubuh ada cara yang baik untuk melepaskan racun dan melembapkan kulit dari dalam ke luar. Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa racun dapat menyebabkan jerawat. Akan tetapi, para peneliti dari University of Missouri, Columbia, Amerika Serikat membuktikan bahwa meningkatkan asupan air pada tubuh dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan kulit sehingga efektif sebagai cara mengatasi jerawat.

Rajin cuci muka

Walaupun Anda lelah dan malas mandi, usahakan tetap membersihkan wajah. Menurut para ahli kesehatan, cara mengatasi jerawat adalah mencuci muka paling tidak dua kali dalam sehari yaitu saat pagi dan malam sebelum tidur. Oh ya, gunakan sabun jenis non-komedogenik yang lembut dan batasi penggunaan sabun dengan scrub sebanyak sekali dalam seminggu. 

Bersihkan ponsel

Tanpa Anda sadari, ponsel alias handphone yang sering digunakan dapat menjadi sarang berkumpulnya kuman. Misalnya, tempat menaruh handphone seperti meja hingga saku Anda. Atau, saat handphone terjatuh dan disentuh tangan Anda secara berulang kali. Bayangkan apa saja yang telah Anda sentuh dalam sehari?

Itulah mengapa Anda harus membersihkan handphone dengan cairan antiseptik tangan (hand sanitizer) sebab benda ini merupakan tempat bersarang bagi kuman. Selain kuman, kotoran, dan minyak yang berada dalam handphone bisa masuk ke dalam pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. (PR)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

 
Anda punya pertanyaan seputar Jerawat ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur