Profile
Kesehatan Mental

Cara Mengatasi Stres

Cara Mengatasi Stres

Stres merupakan hal yang sering dialami orang yang hidup di kota. Kondisi ibukota memberikan warna tersendiri bagi para penghuninya. Polusi udara, tingkat kriminal tinggi dan persaingan antar inidivdu kerap kali menjadi alasan meningkatnya kondisi stress warga ibukota.

Secara tidak langsung, stress mampu membuat seseorang menjadi lemah dan cenderung bersikap lebih kasar daripada biasanya. Kondisi stress ini sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan berbagai cara, yang tentunya dapat membuat penderitanya dapat kembali beraktifitas dan berpikir dengan lebih baik lagi. Berikut cara-cara yang dapat Anda coba untuk menghilangkan stress yang seringkali hadir :

  • Seduh teh hijau
    Jangan pernah meragukan khasiat teh hijau. Minuman alami ini mampu meningkatkan produksi gamma-aminobutyric aciddi dalam otak, yang membantu seseorang merasa tenang, bahkan saat orang tersebut sedang dalam kondisi kacau sekalipun. Meminum tiga ons (10 cangkir) teh hijau, mampu meringankan kelelahan yang telah terkumpul sejak 48 jam.
  • Mengganti  wallpaper layar pc/laptop
    Seorang peneliti Sheffield University di Inggris menyatakan bahwa hanya dengan menatap pantai yang indah, hutan ataupun lapangan, otak seseorang mampu terangsang untuk menghasilkan gelombang alfa, yang meningkatkan perasaan relaksasi dan ketenangan. Tak perlu harus berada di tempat, cukup ganti wallpaper laptop Anda dengan gambar pemandangan yang meneduhkan hati.
  • Lepaskan alas kaki
    Lepaskan alas kaki Anda dan berjalanlah. Berjalan di atas karpet lembut, rumput atau permukaan empuk lainnya, dapat merangsang titik-titik tekanan di telapak kaki Anda. Titik-titik tekanan tersebut akan memerintahkan otak untuk melepaskan hormon penenang, Dopamin. Biasakan untuk melakukan kegiatan ini 10-15 menit di waktu luang Anda. Kegiatan ini mampu mengurangi stress hingga 33 persen.
  • Jauhi kekhawatiran Anda
    Cobalah untuk membawa notes mungil dan pena kemanapun Anda pergi. Beri tanda di notes  Anda setiap kali Anda tertekan atau was-was. Jumlahkan seluruh tanda di penghujung hari, dan lihat seberapa besar kekhawatiran Anda akan banyak hal. Ketika Anda sadar begitu banyak waktu yang Anda buang untuk mengkhawatirkan sesuatu, skor harian Anda akan otomatis turun. Penelitian di The National Institutes of Mental Health menunjukkan bahwakegiatan inimampu mendorong orang untuk menjadi lebih sadar akan tidak baiknya mengeluh.
  • Bersuara pelan
    Studi terbaru menunjukkan, salah satu cara paling sederhana untuk memangkas tingkat stres adalah dengan suara yang tenang. Berbicara pelan dipercaya dapat mengurangi tekanan darah sebanyak 10 persen.
  • Tulis dalam selembar kertas
    Menulis apapun yang ada di pikiran Anda saat Anda tertekan akan membantu untuk melepaskannya. Sekedar curhat tanpa perlu memikirkan ejaan, tata bahasa dan gaya penulisan, akan dapat mengurangi kemarahan yang terpendam dan frustasi berlebihan. Menulis segala unek-unek, 15 menit setiap tiga kali dalam seminggu akan sangat efektif untuk mengurangi stress, sakit kepala, dll.
  • Bernyanyi di bawah shower
    Mandi dan bernyanyi di bawah shower dapat membantu pernapasan perut lebih santai. Ketika Anda bernyanyi, cobalah menghirup udara dalam-dalam dan bernapas secara alami. Strategi bernapas seperti ini akan menenangkan otak dan korteks serebral , yakni daerah otak yang membantu semua kontrol dari denyut jantung dan output hormon stres, ketegangan otot dan kecemasan.
Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mental ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya