Profile
Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Cara menghilangkan jerawat batu memang tidak semudah mengobati jerawat biasa. Pasalnya, jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling parah dan dapat menimbulkan benjolan lembut bewarna merah yang penuh nanah dan menyebabkan sakit serta gatal. Penyebab jerawat batu adalah minyak dan sel kulit mata pecah dan terbentuklah infeksi.

Saat timbul jerawat batu, Anda sebaiknya segera mengobatinya dengan berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Tujuannya, agar jerawat tidak berkembang dan menyebar ke bagian yang lainnya. Pasalnya, jerawat batu juga dapat timbul di beberapa bagian tubuh, seperti muka, dada, punggung, lengan atas, serta bahu.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara menghilangkan jerawat batu :

  • Menggunakan air bersih untuk mencuci muka anda sesering mungkin.
  • Jangan menggunakan pelembap tebal (terutama krim) di daerah yang terkena jerawat karena dapat menyumbat pori-pori.
  • Antibiotik oral dapat membantu untuk mengontrol perkembangan bakteri serta peradangan namun disarankan atas rekomendasi dokter spesialis kulit dan kelamin.
  • Pil KB tidak hanya berfungsi untuk mencegah terjadinya pembuahan, tetapi pil KB juga dapat membuat wanita dapat mengatur hormon mereka. Akan tetapi, konsultasikan dahulu penggunaan pil KB dengan dokter yang memeriksa Anda.
  • Gunakan benzoil peroksida untuk membunuh bakteri di dalam pori-pori.
  • Pastikan Anda tidak menggunakan alkohol karena kandungan alkohol justru dapat meningkatkan kemerahan serta peradangan.
  • Isotretinoin atau accutane adalah salah satu jenis obat jerawat berbentuk pil yang dapat Anda konsumsi sebanyak 1 atau 2 kali dalam kurun waktu 5 bulan untuk memperkecil risiko penyebaran jerawat batu. Tapi perlu diketahui, bahwa obat ini tidak disarankan untuk ibu hamil. (PR)

Artikel Cara Menghilangkan Jerawat Batu ditinjau oleh dr. Rahajeng A.P.

Anda punya pertanyaan seputar Jerawat ?
Ask Doctor
Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif