Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

Cara Menghilangkan Jerawat Membandel

Cara Menghilangkan Jerawat Membandel

Bagaimana cara menghilangkan jerawat yang membandel ? Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dialami banyak orang, karena selain mengganggu penampilan dan mengurangi percaya diri, jerawat juga seringkali menimbulkan gatal dan nyeri, bahkan meradang.

Penyebab timbulnya jerawat adalah karena adanya perubahan hormon menjelang menstruasi, pemakaian produk kosmetik yang menutupi kulit wajah atau wajah kotor yang terkena udara lembap, sehingga menyebabkan kulit dipenuhi oleh sel kulit mati. Tak hanya itu, jerawat juga timbul, karena pola makan yang tidak sehat dan jenis makanan yang dikonsumsi pun kurang mengandung vitamin A dan vitamin E.

Beberapa cara menghilangkan jerawat

Bagaimana agar jerawat membandel dapat segera menyingkir dari wajah ? Ada beberapa cara yang sudah banyak diketahui orang, tetapi belum pasti cara-cara tersebut merupakan cara menghilangkan jerawat yang benar dan memenuhi kaidah kesehatan. Mengetahui cara yang benar dalam mengatasi jerawat merupakan hal penting agar masalah jerawat dapat diatasi dan tidak menjadi lebih parah atau menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Simak cara menghilangkan jerawat yang benar berikut ini :

Alpha hyroxy acids

Alpha hyroxy acids dapat Anda ditemui pada beberapa jenis buah, seperti jeruk, apel, gula tebu dan anggur. Kandungan alpha hyroxy acids tersebut berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan menutupi pori-pori akibat jerawat. Namun, perlu diketahui penggunaan aplha hyroxy acids yang tidak tepat, dapat meningkatkan munculnya warna kemerahan, yang diakibatkan oleh bekas jerawat serta iritasi kulit.

Menggunakan aspirin

Aspirin memiliki kandungan anti peradangan yang dapat membantu Anda menghilangkan jerawat. Anda hanya perlu menghaluskan satu pil aspirin dan dicampurkan ke dalam sedikit air, hingga mengental. Setelah itu, oleskan ke area wajah yang berjerawat. Setelah mengering dan mengelupas, segera bersihkan wajah Anda dengan air.

Mentimun

Fungsi mentimun selain untuk menghilangkan kantung mata, juga dapat menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan, mentimun mengandung bahan anti peradangan. Caranya mudah, haluskan mentimun yang sudah diparut dengan campuran air perasan lemon, lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih.

Konsumsi makanan sehat

Jerawat dapat timbul, karena kebiasaan buruk mengonsumsi makanan tidak sehat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin A, Zinc, Vitamin C dan E, Selenium, Omega 3, Air putih, susu dan gula, seperti pada ikan salmon, sayuran hijau, kacang-kacangan serta buah-buahan.

Isotretinoin atau accutane

Isotretinoin atau accutane biasanya digunakan untuk seseorang dengan jerawat batu. Isotretinoin atau accutane adalah salah satu jenis obat jerawat dalam bentuk pil, yang dapat Anda konsumsi sebanyak 1 atau 2 kali dalam kurun waktu 5 hari. Obat tersebut berfungsi untuk memperkecil risiko penyebaran jerawat batu. Namun, Isotretinoin atau accutane tidak diperuntukkan untuk ibu hamil.

Selain beberapa cara diatas, tak lupa selalu gunakan air bersih untuk mencuci wajah Anda sesering mungkin. Jangan menggunakan pelembap tebal, terutama krim di daerah yang terkena jerawat, karena dapat menyumbat pori-pori. Semoga bermanfaat! (PR)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A. P 

 
Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat