Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Nothing ages you more than the sun”. Kalimat ini benar adanya, sinar matahari yang memancarkan radiasi Ultra Violet (UV) memiliki efek negatif bagi kulit. Paparan sinar UV yang terus menerus menjadi penyebab utama kulit lebih cepat menua, kasar, seperti kulit terbakar, hingga kanker kulit yang berbahaya.

Sayangnya, masih banyak orang di seluruh dunia yang tidak cukup melindungi kulit mereka saat terkena sinar UV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu alasan utama untuk ini adalah kurangnya pemahaman tentang dampak sinar UV terhadap kulit dan cara kerja tabir surya.

Dibandingkan dengan kulit tubuh, sebagian orang lebih memerhatikan kulit wajah. Padahal merawat kulit tubuh sama pentingnya dengan kulit wajah. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kulit secara maksimal dari bahaya sinar UV, di antaranya:

  • Gunakan pakaian berlengan panjang bila harus beraktivitas di luar ruangan

  • Ketika berjalan di bawah sinar matahari langsung, pilihlah yang bersisi teduh

  • Gunakan topi lebar dan sunglasses yang memiliki filter terhadap UV A dan UV B

  • Hindari paparan sinar matahari pada pukul 10 pagi sampai 3 sore.

Meski demikian, perlindungan menggunakan pakaian dan aksesoris pelindung sinar matahari tidak cukup untuk melindungi kulit, karena gelombang sinar UV yang bisa menembus pakaian, bahkan kaca sekalipun.

Anda tetap membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit dari efek sinar UV yang dapat mengakibatkan penuaan dini, kulit terbakar, serta menjaga kelembapan kulit. Bisa dibilang, tabir surya adalah filter, bukan blok. Tabir surya masih memperbolehkan beberapa sinar UVA dan UVB melalui pada tingkat yang berbeda, yang ditunjukkan oleh angka SPF.

Sebagai contoh, kulit wanita Asia memiliki ketahanan 10 menit terhadap sinar matahari, jika menggunakan tabir surya dengan SPF 30, maka kulit wanita Asia akan terlindungi dari sinar UV selama 300 menit, dan selanjutnya melakukan pengaplikasian ulang untuk mempertahankan perlindungan sepanjang hari.

Beberapa hal perlu Anda perhatikan dalam melindungi kulit tubuh Anda dari bahaya sinar UV.

  • Untuk memilih tabir surya atau sun protection yang tepat, Anda harus memahami dulu jenis kulit Anda.

  • Pilih tabir surya yang memberikan tingkat perlindungan yang memadai dan perlindungan langsung. Produk yang menggunakan SPF tinggi, akan memberikan perlindungan lebih lama dibandingkan SPF yang lebih rendah. Disarankan untuk memilih tabir surya yang memiliki minimal SPF 30 untuk perlindungan yang optimal. Apakah SPF di atas 50 lebih bagus daripada 30? Tidak juga, karena SPF di atas 50, daya proteksinya sama dengan SPF 30.

  • Aplikasikan tabir surya 30 menit sebelum mulai beraktivitas di pagi hari dan ulangi pemakaiannya setiap 3-4 jam, sampai kira-kira pukul 4 di sore hari. Apabila Anda harus melakukan olahraga air, pengulangannya harus lebih ekstra lagi, karena begitu terkena air proteksinya akan cepat berkurang.

  • Cuaca diluar tampak mendung, apakah tabir surya tetap dipakai? Tentu saja! Radiasi UV A dan UVB tetap terpancar walau langit berawan di siang hari.

  • Pelindung yang baik adalah yang bisa menjadi perawatan kulit basic yang dipakai setiap hari. Ia bisa melindungi tubuh dari paparan sinar UV, sekaligus memberikan kelembapan dan menutrisi kulit serta menyerap dengan cepat dan tidak lengket.

Salah satu cara untuk melihat apakah kulit telah terlindungi dengan optimal adalah dengan menggunakan kamera UV. Dengan kamera UV Anda bisa melihat bahwa kulit yang terlindungi dengan baik akan terlihat hitam pekat di hasil foto. Namun, kamera UV tidak bisa memberikan informasi kesehatan kulit karena faktor internal, seperti penuaan, kelembapan, kekencangan dan perbedaan pigmentasi atau kulit belang.

Membiasakan diri menggunakan tabir surya secara rutin dan dengan pilihan yang tepat, adalah cara terbaik untuk melindungi dan merawat kulit tubuh Anda. Kulit yang terlindungi dengan baik tentunya meningkatkan rasa percaya diri Anda. Karena itu, mulai sekarang, “Sayangi Tubuhmu, Rawat Kulitmu” #ILOVEMYBODY.

 

Ditinjau Oleh: dr. Ruri D. Pamela, SpKK

Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan