Profile
Kesehatan Anak

Cara Turunkan Demam pada Anak Tanpa Obat

 Cara Turunkan Demam pada Anak Tanpa Obat

Demam pada anak bisa diatasi dengan cara alami seperti mengompres dahi anak dengan air dingin.

Mengetahui anak demam, tentunya membuat Anda khawatir dan panik. Dengan harapan panasnya lekas turun, Anda mungkin akan langsung memberikan obat penurun panas, seperti paracetamol atau ibuprofen. Padahal, menurunkan demam anak dengan obat, tidak membantu menyembuhkan penyakit atau masalah utamanya. Dan demam adalah salah satu cara tubuh untuk melawan infeksi. Tapi, jika suhu tubuh anak cukup tinggi dan membuat si Kecil benar-benar tidak nyaman atau mengalami dehidrasi, menurunkan demam dapat membantu. Tapi, sebelum Anda memberikan obat, cobalah pendekatan alami terlebih dulu.  

Berikut ini, beberapa cara non medis bisa Anda coba untuk menurunkan demam si Kecil: 

- Kompres dahi anak Anda dengan kain atau handuk kecil yang dingin dan lembap. 

- Anda bisa memandikan anak dengan air hangat. Masukkan anak ke dalam bak mandi yang telah diisi dengan air hangat atau suam-suam kuku. Saat air menguap dari kulitnya, air akan mendingin dan menurunkan suhu tubuhnya. Jangan gunakan air dingin karena bisa membuatnya menggigil dan menyebabkan suhu tubuhnya naik.

- Beri anak Anda banyak cairan dan makanan dingin, seperti air dan yogurt, untuk membantu menenangkan tubuh dari dalam dan menjaga agar tetap terhidrasi. 

- Matikan AC dan ganti dengan kipas angin. Anda tidak ingin anak Anda kedinginan, bukan? Jaga kipas Anda agar tetap berada pada pengaturan rendah, dan biarkan udara dingin dari kipas menyebar ke seluruh ruangan. Jangan menghadapkan kipas angin secara langsung ke tubuh anak. 

- Lepaskan pakaian anak yang tebal dan ganti dengan pakaian yang tipis, agar panas tubuhnya lebih mudah keluar melalui kulitnya. Jika dia menggigil, berikan selimut ringan sampai dia merasa hangat lagi. 

- Tetap berada di dalam rumah yang sejuk. Atau jika Anda berada di luar rumah, berdiamlah di tempat yang teduh.

- Segera hubungi dokter jika anak Anda yang demam berusia kurang dari 3 bulan. Untuk bayi 3-5 bulan, hubungi dokter jika suhu tubuhnya 38,3 derajat Celcius. Begitu dia berumur 6 bulan, segera ke dokter jika demamnya mencapai 38,8 atau lebih. 

- Tidak peduli berapa pun usia anak, hubungi dokter jika demam disertai dengan gejala serius lainnya, seperti sulit bernapas atau bercak ungu pada kulitnya. Ini bisa menjadi tanda infeksi bakteri serius.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf
 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Kesehatan jantung perlu dijaga dengan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan lainnya. 7 Kiat Menjaga Jantung Sehat ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa?