Profile
Kesehatan A-Z

Cegah Dehidrasi Akibat Demam

Cegah Dehidrasi Akibat Demam

Demam bukan hanya membuat penderitanya lemah, tetapi juga dehidrasi.

Demam mungkin bukan keluhan serius. Setiap orang pasti pernah terserang demam. Demam adalah peningkatan suhu tubuh sebagai bagian dari mekanisme tubuh merespons benda asing, seperti kuman, virus dan parasit. Dikatakan demam ketika suhu tubuh berada di atas 37 derajat Celcius. Normalnya suhu optimal manusia berkisar 36,5 derajat - 37,5 derajat Celcius. Demam dianggap sangat tinggi dan berpotensi berbahaya jika suhu tubuh sudah mendapat 39 derajat lebih. Bila Anda menemukan gejala ini, segera hubungi dokter.

Penyebab demam bisa karena infeksi, dari ringan hingga parah, gejala dari penyakit lain, seperti influenza, tifus, infeksi saluran kemih, paparan suhu tinggi dan lingkungan, serta dehidrasi. Ya, dehidrasi bisa mengakibatkan demam. Dehidrasi menyebabkan suhu tubuh meningkat karena volume cairan tubuh berkurangsehingga tubuh kesulitan untuk mengatur/ menjaga suhu tubuh tetap normal.

Gejala yang menyertai demam berbeda pada tiap orang, tergantung pada penyebab demam itu sendiri. Namun, gejala khas yang menyertai demam biasanya adalah sakit kepala, keringat dingin, menggigil, sakit tenggorokan, batuk, diare, muntah, nyeri otot, kehilangan selera makan dan kelelahan.

Anda perlu waspada jika gejala demam disertai dengan gejala dehidrasi seperti mulut kering, jarang buang air kecil atau volume urin berkurang, tingkat kesadaran menurun dan detak jantung yang lebih cepat. Pasalnya, dehidrasi dapat mengakibatkan kondisi demam kian parah dan bisa berakibat fatal. Segera hubungi dokter atau ke rumah sakit bila demam tidak kunjung turun dalam tiga hari.

Ketika demam, tubuh kehilangan banyak cairan yang terdiri dari dari air dan ION. Padahal cairan tubuh berperan penting dalam semua proses yang terjadi di dalam tubuh. Cairan bisa hilang dari tubuh akibat demam, diare, muntah, keringat, urin, dan bernapas. Kehilangan cairan yang tidak segera dikembalikan dapat berakibat proses metabolisme tubuh menjadi terganggu, kerja otot menurun, tubuh makin lemas,  volume darah berkurang, kekentalan darah meningkat,dan tekanan darah semakin menurun.

Karena itu cegah dehidrasi dengan cara mengembalikan cairan yang hilang saat demam dengan meminum minuman yang komposisinya mirip dengan cairan tubuh seperti POCARI SWEAT. ION di dalam POCARI SWEAT dapat cepat diserap oleh tubuh, sehingga dapat segera mengembalikan air dan ION tubuh yang hilang. POCARI SWEAT juga dapat menahan cairan lebih lama di dalam tubuh sehingga hidrasi bisa lebih menyeluruh. ION dalam POCARI SWEAT juga bisa merangsang Anda untuk minum lebih banyak. Jadi pastikan hidrasi yang tepat, karena dengan jaga ION, jaga kondisimu.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan. Namun, ada harapan untuk pencegahan kanker ini. 7 Hal Baru Tentang Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu