Profile
Kesehatan A-Z

Dengarkan Musik Yoga Sebelum Tidur Baik Buat Jantung

Dengarkan Musik Yoga Sebelum Tidur Baik Buat Jantung

Mendengarkan musik yoga sebelum tidur bisa memengaruhi tingkat kecemasan dan baik buat jantung

Mendengarkan musik sebelum tidur, tidak hanya membuat kita relaks tapi juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Begitu kata sebuah penelitian di India. Para peneliti memutuskan untuk mengeksplorasi jenis musik sebagai pengantar tidur yang dapat mempengaruhi tingkat kecemasan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

Presentasi penelitian di Kongres European Society of Cardiology (ESC) di Munich, menyimpulkan bahwa tingkat kecemasan seseorang cenderung menurun ketika mereka mendengarkan musik yang tenang sebelum tidur. Jenis musik yang menenangkan ini berbeda sama sekali bukan jenis musik yang up-beat. Penelitian dilakukan terhadap 149 peserta berusia rata-rata 26 tahun, mengambil tiga sesi selama tiga malam.

Selama sesi pertama, musik yang tenang (mirip dengan tipe yang didengarkan selama kelas yoga) dimainkan sebelum mereka tidur. Kemudian diikuti oleh musik pop dengan irama teratur pada malam kedua dan tidak ada musik pada malam ketiga.

Kemudian, peneliti mengukur denyut jantung para partisipan selama lima menit sebelum musik atau periode diam dimulai, selanjutnya selama 10 menit selama musik atau periode hening dan selama lima menit sesudahnya. Mereka menemukan bahwa variabilitas denyut jantung peserta meningkat selama musik yoga dimainkan, turun selama musik pop dan tetap sama ketika tidak ada musik. Selanjutnya, para ilmuwan menggunakan Skala Kecemasan Goldberg untuk mengukur tingkat kecemasan para peserta sebelum dan sesudah di setiap sesi tidur mereka.

Mereka mencatat bahwa tingkat kecemasan peserta menurun secara drastis ketika mendengarkan musik yoga, dan meningkat setelah musik pop dan setelah periode diam. Dr Naresh Sen percaya akan efek positif untuk kesehatan jantung yang ditunjukkan dengan mendengarkan musik yoga sebelum tidur.

"Kami menggunakan terapi musik di rumah sakit, dan dalam penelitian kami ini menunjukkan bahwa musik yoga memiliki dampak yang menguntungkan pada variabilitas detak jantung sebelum tidur," jelas dr Sen, seorang konsultan ahli jantung di Jaipur, India.  “Ini adalah penelitian kecil, dan penelitian lebih lanjut diperlukan pada efek kardiovaskular dari intervensi musik yang ditawarkan oleh terapis musik yang terlatih. “Tetapi mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur adalah terapi yang murah dan mudah diterapkan dan tidak membahayakan.”

Menurut dr Sen, musik yoga yang dimainkan pada waktu tidur memperlambat denyut jantung sehingga mengubah mode tubuh dari mode "fight or flight" menjadi "rest and digest".

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Sperma atau air mani adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis.Lalu bagaimana cara memperbanyak sperma yang benar menurut dokter. 6 Cara Memperbanyak Sperma