Profile
Kesehatan A-Z

Drg. Donna Pratiwi, Sp. Prosto Ingin Wujudkan Indonesia Bebas Karies

Drg. Donna Pratiwi, Sp. Prosto Ingin Wujudkan Indonesia Bebas Karies

Karies gigi merupakan gangguan mulut yang paling sering terjadi di Indonesia.

Karies gigi merupakan gangguan mulut yang paling sering terjadi. Di Indonesia, penyakit gigi dan mulut yang bersumber dari karies gigi berada di urutan tertinggi, yaitu sebesar 45,68% dan termasuk dalam 10 besar penyakit yang diderita oleh masyarakat.

Berdasarkan kelompok usia, golongan usia muda lebih banyak menderit karies dibandingkan dengan usia 45 tahun ke atas. Bahkan data dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDDGI) menyebutkan bahwa lebih dari 80% penderita karies gigi adalah anak-anak

Tingginya angka ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya konsumsi makanan manis, dan faktor perilaku masyarakat yang belum menyadari pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut.

Karies gigi tidak bisa dianggap sepele karena bisa mengakibatkan gigi berlubang, nyeri, gangguan tidur, penanggalan gigi, infeksi, berbagai kasus berbahaya dan bahkan kematian. Padahal, bila dideteksi secara dini, karies gigi bisa dicegah dengan menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride, menggunakan larutan kumur dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.

Mengingat masih tingginya penderita karies di Indonesia, drg. Donna Pratiwi, Sp. Prosto (42), tergerak untuk melakukan gerakan moril #IndonesiaFreeCaries. Rencananya program ini akan dilaksanakan secara nasional, mulai dari tingkat SD hingga memberikan pelayanan kepada masyarakat umum. Bersama tim #IndonesiaFreeCaries. Donna akan memberikan pelayanan kesehatan gigi secara massal.

Menurut Donna, pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Dan usia sekolah dasar merupakan saat yang ideal untuk melatih kemampuan motorik seorang anak, termasuk di antaranya menggosok gigi. 

Sosok dokter pemilik  klinik Meridien Dental-Veneer and Esthetic Dentistry ini bukanlah wajah baru di dunia kedokteran gigi Indonesia. Selain telah menghasilkan dua buku yang berjudul Gigi Sehat, Merawat Gigi Sehari-Hari serta Gigi Sehat dan Cantik ini, ia juga pernah menjadi dosen Prostodonsia di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moetopo Jakarta.

“Dengan gerakan #IndonesiaFreeCaries ini diharapkan masyarakat Indonesia memiliki kesadaran penuh akan pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak usia dini. Masyarakat harus terbebas dari karang gigi yang menjadi cikal bakal gigi berlubang,” ujar dokter lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan spesialisasi gigi tiruan ini.

 

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu