Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

Efek Samping Sulam Alis & Sulam Bibir

Efek Samping Sulam Alis & Sulam Bibir

Sulam alis maupun sulam bibir yang merupakan make up permanen banyak dilakukan oleh kaum wanita untuk mempercantik penampilan. Namun tanpa disadari ada efek samping dari sulam alis dan sulam bibir. Kelebihan make up permanen adalah menghemat waktu. Pasalnya, make up permanen tidak luntur sebab terus menempel dan tidak hilang akibat keringat maupun kotoran. Contoh make up permanen adalah menato atau membuat tato make up di area mata seperti eyeliner serta alis atau sulam alis dan sulam bibir yang mewarnai bibir. 

Cara mendapatkan make up permanen di wajah sama dengan menatokan tinta ke dalam tubuh. Yaitu menggunakan jarum yang menusuk lapisan atas kulit untuk menanamkan warna-warna pada kulit. Sebelumnya, kulit diberi bius lokal. Tato make up pun harus diulangi beberapa kali selama 3 bulan agar hasilnya sempurna.

Tato make up cukup mirip medical restoration atau proses mengembalikan warna alami kulit pada bekas luka dan vitiligo. Tato make up pun sebaiknya dilakukan ahli dermatologi, aesthetician, perawat, dan ahli tato yang terpercaya. 


Lalu, apa saja efek samping sulam alis dan sulam bibir

Pada dasarnya, kulit berisiko alergi saat dimasuki zat asing. Efek samping sulam alis dan sulam bibir ini dapat muncul bertahun-tahun setelah tato make up dilakukan. Misalnya, radang atau reaksi alergi. Risiko ini dipengaruhi jenis pigmen sebagai pewarna tato make up. Tato make up berbahan iron oxide tergolong aman, tapi pigmen berbahan organik justru berisiko.


Efek samping sulam alis dan sulam bibir yang lain adalah risiko granuloma atau massa yang terbentuk di dalam jaringan di sekitar penanaman pigmen dan keloid yang lebih sering muncul saat make up permanen dihilangkan. Risiko hepatitis C juga bisa terjadi bila sulam alis atau sulam bibir menggunakan jarum yang tidak steril.

Dalam jangka panjang, pigmen iron oxide yang ditanamkan di dalam wajah dapat berisiko bila Anda harus menjalankan MRI. Misalnya, timbul pembengkakan, radang ringan, rasa terbakar pada area yang ditato, hingga memengaruhi hasil pemeriksaan MRI. 


Risiko lain sulam alis dan sulam bibir adalah hasil yang tidak sesuai harapan. Meski tato make up memang bisa diperbaiki dengan prosedur dermabrasi, laser, operasi, bahkan ditutupi lagi dengan tato, tapi tetap ada efek samping seperti warna kulit menjadi belang dan bekas luka. 

Jadi, jika Anda memutuskan melakukan tato make up, selalu pilih klinik atau tempat terpercaya dan di bawah pengawasan para ahli. Jangan ragu bertanya pada orang yang sudah melakukan prosedur sulam alis dan sulam bibir dan pastikan jarum baru yang dipakai. (PA)

Ditinjau oleh dr. Rahajeng A.P

Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur