Profile
Leukemia

Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan

Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan

Gejala penyakit leukemia

Dalam sebuah tayangan televisi, Denada tak kuasa menahan tangis kala menceritakan apa yang dialami putrinya, Shakira Aurum yang baru berusia 5 tahun. Shakira divonis mengidap penyakit kanker darah atau Leukemia dan harus menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit di Singapura.

Leukemia merupakan penyakit yang menyerang sel darah dan juga sumsum tulang belakang. Leukemia berasal dari bahasa Yunani, leukos yang artinya putih dan aima yang berarti darah. Leukemia merupakan jenis kanker yang tidak membentuk massa tumor tetapi memenuhi pembuluh darah dan mengganggu fungsi sel darah normal. Leukemia banyak menyerang anak-anak. Bahkan sepertiga kematian anak di bawah 15 tahun disebabkan leukemia. Kebanyakan anak yang menderita leukemia baru diketahui setelah memasuki stadium lanjut.

Hingga kini, tidak diketahui secara pasti penyebab leukemia. Ada yang menyebutkan kebiasaan ibu saat hamil, seperti merokok, minum kopi dan paparan zat kimia meningkatkan risiko leukemia. Apa pun penyebabnya, mengetahu sejak dini gejala leukemia pada anak adalah yang utama karena bisa meningkatkan peluang kesembuhan anak.

Berikut gejala awal leukemia yang perlu Anda perhatikan:

1. Sering merasa lelah

Anak sering terlihat lelah meski aktivitas yang dilakukan terbilang ringan. Ini terjadi karena adanya peningkatan produksi sel-sel darah putih yang mengakibatkan penyerapan energi yang besar dari tubuh.

2. Berat badan merosot

Porsi makanan tidak berkurang, aktivitas standar, namun berat badannya terus berkurang dan pakaian anak semakin longgar. Berat badan yang berkurang terjadi karena peningkatan produksi sel darah putih menyerap banyak kalori tubuh anak.

3. Sakit kepala

Perhatikan frekuensi sakit kepala/pusing pada anak. Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal kemungkinan meresap ke sistem syaraf pusat sehingga menyebabkan sakit kepala dan pusing.

4. Mimisan

Mimisan dan lebam-lebam adalah pertanda yang tidak boleh diabaikan karena merupakan gejala umum leukemia. Selain itu  muncul bintik-bintik merah pada bagian tubuh, yang merupakan gejala umum leukimia yang terkait dengan limpa dan pembengkakan hati.

5. Wajah pucat

Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal mendesak sel darah merah, sehingga membuat wajah dan tubuh anak seperti  kurang darah.

6. Muncul benjolan

Periksalah kelenjar getah bening anak. Biasanya dokter akan melalukan pemeriksaan di bawah ketiak atau tenggorokan atas untuk merasakan benjolan atau semacam pembengkakan. Pembengkakan gejala getah bening merupakan gejala penyakit leukemia.

7. Infeksi tak kunjung sembuh

Apakah anak pernah mendapat  infeksi ringan namun tak kunjung sembuh? Walaupun tubuhnya terus memproduksi sel darah putih sebagai antibodi, namun sel-sel darah putih yang diproduksi dari tubuh seseorang yang terkena leukemia tidak sempurna dan tidak dapat melindungi tubuh anak

8. Benjolan di limpa

Periksalah limpa anak dengan dibaringkan di tempat tidur, letakkan telapak tangan Anda pada perut sebelah kiri, di bawah tulang rusuk. Rasakan apakah ada benjolan-benjolan kecil di sana. Hal ini termasuk gejala leukimia.

9. Sering berkeringat

Berkeringat di malam hari disertai nyeri pada tulang dan perut mual/kembung adalah gejala leukemia. Gejalanya memang mirip gejala tipus, namun jika tanda lain-lain ditemui, segera konsultasikan pada dokter.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Leukemia ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang cukup berbahaya, karena saat serangan jantungnya datang, sipenderita dalam kondisi bahaya. Kenali ciri-ciri nya berikut ini. Ciri-Ciri Penyakit Jantung Koroner