Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

Ingin Terlihat Lebih Muda? Mulailah Kebiasaan Baru Ini

Ingin Terlihat Lebih Muda? Mulailah Kebiasaan Baru Ini

Kebiasaan-kebiasaan sehat ini bisa membantu Anda terlihat lebih muda

nda tidak bisa menghentikan waktu. Menua itu pasti. Tapi tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa terlihat lebih muda dengan cara yang simpel, mengubah kebiasaan Anda sehari-hari. 

Tinggalkan Hairdryer
Rambut yang muda memiliki ciri memantul dan bersinar, tapi penggunaan pengering rambut, pengeriting dan pelurus rambut membuat helaian rambut menjadi kusam dan kering. Banyak kerusakan rambut terjadi karena penggunaan beberapa alat styling panas ini. 

Lakukan ini: Bebaskan rambut Anda dari alat styling panas dua hari seminggu. Anda bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkan rambut. Atau lewati ritual mencuci rambut dua kali seminggu. Bila harus mencuci rambut setiap hari, pakailah sampo kering jika dibutuhkan. 

Akrab dengan SPF
Anda mungkin sering mendapat saran atau nasihat untuk memakai tabir surya setiap hari untuk melindungi diri dari kanker kulit. Namun, mengoleskan SPF juga bisa melindungi Anda dari penuaan. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang menerapkan SPF tidak atau empat hari dalam seminggu cenderung tidak menderita penuaan kulit dibandingkan mereka yang menerapkannya hanya sesekali. 

Lakukan ini: Pakailah tabir surya dengan SPF 30 setiap hari, baik kondisi hujan atau cerah. Ulangi pemakaiannya beberapa kali. 

Manjakan Tangan dengan Lotion 
Kulit pada punggung tangan Anda sangat tipis, sehingga rentan terhadap penuaan dan terjadi lebih cepat dibandingkan bagian tubuh lainnya. Dan saat udara kering, kelembapan keluar dari kulit, sehingga menyebabkan tangan Anda terlihat lebih tua dari seharusnya. Pilihlah lotion yang berisi tabir surya karena dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari yang tampai sebagai bintik cokelat dan keriput. 

Lakukan ini: Oleskan pelembap yang memiliki SPF 30 padan punggung tangan Anda setiap pagi. 

Hindari Makanan yang Menodai Gigi 
Gigi putih dianggap sebagai tanda kesehatan kemudaan, kata Emmanuel Layliev, seorang dokter gigi di New York for Cosmetic Dentistry. Makanan yang gelap, panas dan lengket seperti sate, barbekyu atau kecap adalah beberapa penyebab terburuk penyebab noda. Anggur merah, kopi dan cola juga buruk untuk gigi Anda. 

Lakukan ini: Hindari makanan-makanan yang buruk untuk penampilan gigi Anda, seperti kecap, saus barbekyu, soda, anggur merah dan kopi. 

Warnai Kuku Anda 
Bagian tubuh Anda yang sering mengungkapkan usia sebenarnya bukanlah wajah melainkan tangan Anda, menurut sebuah stduy dari American Society of Plastic Surgeons. Salah satu tipuan untuk menutupi usia Anda adalah dengan memakau kuteks.

Lakukan ini: Pilih warna permata yang bagus (pikirkan ungu dan merah) yang menawarkan semburan warna yang tidak  terlalu kuat. 

Olahraga Secara Teratur
Latihan meningkatkan sirkulasi darah yang memungkinkan kulit terlihat baik. Sebuah studi dari McMaster University di Kanada menemukan bahwa olahraga dapat membalik penuaan kulit. Selain itu saat Anda dalam kondisi sehat dan bugar tentunya Anda akan terlihat lebih muda. 

Lakukan ini: Berolahraga 30 menit setiap hari. Jadikan ini sebagai kebiasaan rutin untuk membuat Anda awet muda. 

Batasi Garam
Mengonsumsi makanan asin membuat tingkat garam yang tinggi di sekitar area mata sehingga menyebabkan kantung mata menjadi gembung dan gelap. 

Lakukan ini: Hindari makanan yang mengandung banyak garam seperti telur asin, ikan  asin, roti, sereal, saus dan sebagainya. 

Jaga Jarak dengan Handphone 
Jaga kepala Anda saat membaca, membalas pesan atau bermain socmed karena bisa menimbulkan keriput pada leher Anda. 

Lakukan ini: Batasi waktu bermain dengan handphone. Jangan menunduk saat membaca pesan, jaga kepala tetap tegak saat melihat ke layar handphone. 

Konsumsi Makanan Tinggi Protein
“Bila Anda menginginkan rambut yang terlihat sehat, Anda harus mulai dari hal-hal yang mendasar, yaitu mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan produksi rambut normal,” kata Kevin Pinski, MD, seorang dermatologi di Pinski Dermatology & Cosmetic Surgery di Chicago. 

Lakukan ini: Kebanyakan wanita harus makan sekitar 46 gram protein setiap hari (porsinya bisa lebih jika Anda hamil, menyusui atau atlet). Sebagai rujukan porsi 3 gram salmon mensuplai 22 gram protein, sedangkan segelas susu rendah lemak mengandung 8 gram protein. 

Stop Menyisir Rambut Saat Basah 
Jika Anda telah memecat alat styling panas Anda dan memonpa asupan protein namun tetap berurusa dengan rambut kusam dan tipis, mungkin ada yang salah pada kebiasaan pasca mandi Anda. Menyikat rambut saat basah-dimana helaian rambut sangat lemah, dapat menyebabkan kerusakan rambut dan rambut jadi sulit diatur. 

Lakukan ini: Jangan sekali-kali menyisir rambut saat basah. Bila memang harus menyisir rambut, gunakan sisir yang bergerigi lebar dengan ujung tumpul. 

Perbanyak Sayuran 
Makanan hijau adalah sikat gigi alami. "Sayuran kaya serat seperti bayam, selada, dan brokoli membantu membersihkan gigi secara alami," kata Dr. Layliev. Seratnya bisa mencegah plak menempel pada enamel. Bonusnya sayuran juga bagus untuk kulit Anda. Studi menunjukkan orang yang makan sekitar tiga porsi sayuran hijau, memiliki warna kulit yang lebih sehat dan menarik. 

Lakukan ini: Isi setengah piring makan Anda dengan sayuran. Itu akan membantu mendapatkan 2,5 cangkir sayuran. 

Berdamai dengan Stres
Stres tidak hanya membuat Anda panik, tapi juga berpengaruh terhadap kulit Anda. Stres bisa membuat kulit mengalami peradangan yang dapat memperburuk kondisi masalah kulit seperti psoriasis, jerawat, dan eksim, kata sebuah laporan dalam jurnal seminar di Cutaneous Medicine and Surgery. 

Lakukan ini: Dukungan sosial memainkan peran besar dalam tingkat stres. Jadi pastikan Anda bertemu teman-teman secara rutin. Pertimbangkan juga untuk melakukan teknik relaksasi seperti latihan pernapasan atau menulis buku. 

Tidur yang Cukup
Selama tidur nyenyak, tubuh memproduksi estrogen dan progesteron dalam jumlah banyak, kata Dr. Pinski. Ini meningkatkan mekanisme perbaikan alami kulit Anda, sehingga Anda terlihat lebih berseri saat bangun tidur. Hormon juga membantu mencegah jerawat, lho. 

Lakukan ini: Cobalah ritual tidur yang lebih menenangkan yang membantu Anda bisa bersantai secara mental, seperti minum secangkir susu panas dan madu. 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif tapi juga perokok pasif Ini Sebab Perokok Aktif dan Pasif Sama Bahayanya Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif tapi juga perokok pasif Ini Sebab Perokok Aktif dan Pasif Sama Bahayanya