Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Ini Alasan Anda Perlu Cuci Hidung Setiap Hari

Ini Alasan Anda Perlu Cuci Hidung Setiap Hari

Mencuci hidung bisa menghilangkan iritasi dan alergen dari saluran hidung dan mengurangi peradangan

Mencuci hidung mungkin tidak terlalu umum di sini, padahal manfaatnya besar bagi kesehatan. Penah mengalami hidung tersumbat? Hidung tersumbat adalah penyakit umum yang terjadi sebagai respons terhadap virus, seperti pilek, flu, alergi, infeksi sinus dan masalah lainnya. Dengan membersihkan hidung, pernapasan Anda menjadi lebih lancar, membantu Anda tdur lebih nyenyak dan mengurangi ketidaknyamanan Anda.

Di samping itu membersihkan hidung dari lendir juga memungkinkan semprotan hidung dan obat-obatan lain utnuk bekerja lebih efektif, menghilangkan iritasi dan alergen dari saluran hidung Anda dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh tekanan dan iritasi. Membersihkan hidung perlu dilakukan oleh orang dewasa dan anak-anak dari segala usia.

Hidung merupakan jalur pertahanan utama untuk melawan bakteri dan racun di udara yang kita irup. Menurut dr. S. Hendradewi Sp THT (K), Msi Med, menjaga kebersihan hidung penting  dilakukan secara rutin karena jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan kerusakan pada sila hidung yang menimbulkan gangguan pada pernapasan.

 “Kesehatatan hidung penting untuk dijaga karena hidung adalah organ pertama yang menyaring udara pernapasan yang akan masuk ke dalam paru-paru, selain itu hidung juga berfungsi untuk menjaga kelembapan, penghangat udara dan indera penciuman,” kata dr. Hendradewi pada acara peluncuran kampanya #Cucihidungsetiap hari di Jakarta pada Kamis (26/4/2017) lalu.

Lebih jauh dr. Hendradewi menjelaskan bahwa menjaga kesehatan hidup sehari-hari dapat dilakukan dengan cara pencucian hidung dalam larutan isotonik. “Untuk menjaga kelembapan hidung, maka larutan isotonik dapat dipakai minimal 1 kali sehari. Caranya untuk hidung kanan, miringkan kepala ke kiri, tahan napas semprot hidung kanan, begitu pun dengan hidung kiri. Kalau benar, cairan isotonik akan keluar di hidung kiri, “ jelasnya.

Selain itu, menurut jurnal kedokteran International Journal of Environmental Research and Public Health, kandungan ion-ion dalam cairan pembersih hidung juga memberi manfaat tersendiri, seperti membantu mengurangi perbaikan sel selama proses radang, mencegah kerusakan sel, menurunkan kekentalan dahan dan mengurangi kematian sel epite.

Kampanye cuci hidung yang digagas oleh Hyphens Pharma, produsen produk pencuci hidung isotonik ini, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mencuci hidung agar dapat bernapas lebih sehat. Kampanye akan dilakukan di beberapa kota besar di Indonesia.

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami