Profile
Kesehatan A-Z

Ini Alasan Tubuh Harus Terhidrasi Saat Mudik

Ini Alasan Tubuh Harus Terhidrasi Saat Mudik

Ini Alasan Tubuh Harus Terhidrasi Saat Mudik

Lebaran sebentar lagi. Bagaimana persiapan mudik Anda? Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang tinggal di perantauan. Bisa dibilang, lebaran tidak lengkap tanpa mudik ke kampung halaman. Mudik biasanya dilakukan satu minggu sebelum lebaran. Dibandingkan dengan transportasi umum, orang Indonesia lebih suka mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain lebih hemat, mudik dengan transportasi pribadi juga lebih fleksibel dalam soal waktu keberangkatan. Kendaraan pribadi juga bisa dimanfaatkan sebagai transportasi di  kampung halaman.

Namun, mudik dengan kendaraan pribadi tak sepenuhnya aman. Kecelakaan yang terjadi saat mudik masih cukup tinggi. Menurut data dari Global Road Safety Partnership (GRPS) Indonesia, tahun 2016, angka kecelakaan mencapai 2.719 kasus.

Penyebab umum kecelakaan yang terjadi saat mudik adalah kondisi pengendara yang tidak konsentrasi, kelelahan, dan mengantuk. Satu hal yang seringkali tidak disadari para pengendara adalah turunnya konsentrasi, bisa meningkatkan risiko kecelakaan hingga 5x lipat!

Faktor yang menyebabkan penurunan konsentrasi dan kewaspadaan adalah dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Pasalnya, saat menyetir, orang seringkali lupa untuk minum. Ada juga yang takut minum karena jadi sering buang air kecil sehingga dapat menghambat perjalanan.  

Padahal, walaupun hanya menyetir mobil, cairan tubuh Anda akan terus hilang. Cairan tubuh ini bukan hanya terdiri dari air, namun juga ION. Untuk mencegah dehidrasi selama di perjalanan, hindari minuman yang bersoda, teh dan kopi karena bersifat diuretik. Anda akan jadi lebih sering buang air kecil sehingga rentan mengalami dehidrasi.

Maka itu, pastikan Anda minum minuman yang mengandung ION seperti POCARI SWEAT. ION dalam POCARI SWEAT bantu cairan diserap lebih cepat oleh tubuh, sehingga cepat kembalikan cairan tubuh yang hilang, Anda tidak mudah dehidrasi dan konsentrasi terjaga. ION juga membantu cairan bertahan lebih lama di dalam tubuh sehingga Anda tidak sering buang air kecil selama perjalanan. Sediakan selalu POCARI SWEAT, untuk perjalanan mudik yang nyaman dan menyenangkan. Selamat mudik

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?