Profile
Gigi & Kesehatan Mulut

Ini Penyebab Napas Tidak Sedap

Ini Penyebab Napas Tidak Sedap

Napas berbau tak sedap bukan hanya membuat rasa percaya diri dan pergaulan Anda rusak. Kesehatan gigi yang terabaikan juga bisa menimbulkan rasa sakit dan mengganggu kesehatan jantung. Napas berbau kurang enak adalah indikasi pertama ada ketidakberesan pada bagian dalam mulut Anda. Ketahui kemungkinan penyebab napas Anda berbau tak enak dan bagaimana cara mengatasinya.

Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu

"Obat-obatan untuk tekanan darah tinggi, antidepresan, dan antihistamin memiliki efek samping xerostomia atau mulut kering," kata Giannacopoulos. "Hal ini dapat menyebabkan bau mulut. Air liur diperlukan untuk membasuh partikel makanan dari rongga mulut. Jika produksinya kurang maka mulut Anda akan berbau tidak sedap." Jika obat yang Anda konsumsi membuat mulut Anda kering,  minumlah air putih yang banyak dan kunyah permen karet seperti xylitol.

Anda sangat lapar

Begitu sibuk sehingga Anda  harus melewatkan makan siang? Kurangnya produksi air liur dapat terjadi karena kelangkaan makanan yang masuk ke mulut Anda, sehingga napas menjadi berbau busuk.

Anda menderita infeksi mulut

Infeksi mulut berarti banyak bakteri ada di dalam area mulut Anda. Ketika bakteri terurai, mereka akan melepaskan bau belerang, kata Giannacopoulos. Jika Anda menderita infeksi seperti perikoronitis (peradangan pada jaringan lunak sekitar mahkota gigi), inilah saatnya untuk memeriksakan diri dan membersihkan area oral Anda ke dokter gigi.

Anda menyikat gigi dan flossing dengan cara yang salah

Ada banyak orang menyikat gigi dan flossing dengan cara yang tidak benar dan ini dapat menyebabkan terbangunnya partikel sisa makanan, kata Giannacopoulos. "Kumpulan sisa partikel makanan akan mempercepat pertumbuhan bakteri dan menyebabkan peradangan yang menyebabkan bau mulut," katanya.

Cara menyikat gigi yang benar adalah pegang sikat dengan posisi horisontal terhadap gigi dan miring pada sudut 45 derajat. Gerakkan sikat gigi dengan gerakan horisontal pendek dan Anda harus melakukan ini dua kali sehari selama 2 menit setiap kali menyikat gigi. Sedangkan untuk flossing, lembut dan menyeluruh adalah kata-kata kuncinya. Benang harus berada sedikit di bawah garis gusi dan melingkari masing-masing gigi. Menyikat gigi hanya membersihkan setengah permukaan gigi sehingga flossing adalah suatu keharusan untuk menyempurnakannya.

Anda mengabaikan lidah Anda

Gigi bukan satu-satunya area yang perlu Anda sikat. Bakteri tumbuh subur di seluruh mulut Anda, termasuk di lidah. Jadi belilah alat sikat lidah di apotek setempat dan gunakan  setiap kali Anda membersihkan gigi Anda.

Gigi Anda berongga

"Kadang-kadang gigi berlubang yang tidak diobati dapat menyebabkan rasa sakit. Namun kadang-kadang juga, rasa sakit itu bisa hilang begitu saja," kata Giannacopoulos. Satu hal yang pasti, gigi berlubang akan mengeluarkan bau tak sedap. "Ini karena sisa makanan dan bakteri dapat masuk ke dalamnya, menggerogoti struktur gigi dan melepaskan bau," kata Giannacopoulos lagi. Jadi periksakan kesehatan gigi dan mulut Anda ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali dan jika perlu lakukan pemeriksaan klinis dan x-ray untuk menemukan kemungkinan adanya rongga di gigi Anda.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil