Profile
Merokok

Ini Sebab Perokok Aktif dan Pasif Sama Bahayanya

Ini Sebab Perokok Aktif dan Pasif Sama Bahayanya

Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif tapi juga perokok pasif

Informasi akan bahaya rokok sudah bertebaran di mana-mana. Meski begitu, para perokok cenderung tidak peduli bahaya rokok bagi kesehatan. Hasil penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Institut Kanker Nasional AS menunjukkan, merokok telah membebani biaya ekonomi global lebih dari 1 triliun Dollar AS. 
 
Rokok juga diperkirakan akan membunuh lebih banyak orang pada 2030. Penelitian itu menyebutkan bahwa jumlah kematian yang terkait dengan tembakau diproyeksikan meningkat dari 6 juta orang/tahun menjadi 8 juta orang/tahun pada 2030 dengan 80% terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Menurut pakar kesehatan, penggunaan tembakau merupakan satu-satunya penyebab kematian yang bisa dicegah. 
 
Berikut ini beberapa risiko kesehatan perokok aktif dan pasif, di antaranya adalah:
- Gangguan kehamilan
Sekitar 12% wanita hamil menjadi perokok aktif di Australia. Wanita hamil baik itu sebagai perokok aktif maupun perokok pasif memiliki resiko yang serius terhadap perkembangan janin di dalam rahim. Risiko kesehatan bagi ibu yang menjadi perokok aktif maupun pasif selama kehamilan meliputi meingkatkan risiko keguguran dan kelahiran mati. Meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir yang rendah, kematian bayi secara tiba-tiba yang meliputi sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan dan kelahiran.
 
- Meningkatkan risiko penyakit gangguan pernapasan
Seperti kanker paru-paru, infeksi saluran pernafasan seperti bronkhitis dan pneumonia serta meningkatkan keparahan asma pada anak-anak
 
- Meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke
 
- Penyempitan pembuluh darah (Aterosklerosis)
 
- Infeksi telinga bagian tengah
 
- Meningkatkan risiko meningokokus. Meningokokus adalah suatu penyakit yang timbul akibat infeksi yang disebabkan oleh kuman bakteri yang dikenal sebagai meningokokus. Penyakit ini kadang-kadang dapat menyebabkan meningitis, keracunan darah, kematian atau cacat.
 
- Dapat mengurangi kadar vitamin dan antioksidan dalam darah
 
- Meningkatkan risiko kanker
 
- Merokok bisa menyebabkan seseorang mengalami kebutaan
 
- Merokok bisa menyebabkan kerusakan tulang dan gigi
 
- Wanita perokok cenderung susah memiliki keturunan, sedangkan pria perokok dapat menjadi impotensi sehingga mempengaruhi produksi sperma yang akan mempengaruhi tingkat kesuburan
 
Menurut dr Andri SpKJ, orang yang sudah kecanduan rokok akan sulit melihat bahaya rokok. "Ada istilahnya kita tahu secara kognitif, tetapi perilaku kita tidak tahu. Rokok bekerja di sistem saraf pusat, berkaitan dengan dopamin dan pusat rasa kesenangan (pleasure). Daerah di otak itu biasanya sudah terpengaruh jika seseorang sudah kecanduan, jadi sulit lepas."  
 
Lebih lanjut dr Andri mengatakan, kebanyakan perokok sudah lama ingin menghentikan kebiasaan buruknya, tetapi kesulitan, biasanya karena kelompoknya kebanyakan perokok atau saat ingin berhenti timbul efek samping seperti gemuk atau gejala putus nikotin. Gejala putus nikotin yang akan dirasakan perokok saat berusaha berhenti merokok antara lain merasa tidak nyaman, tidak bisa berkonsentrasi, tidak bergairah, atau nafsu makan bertambah. Pada orang yang tidak bisa melewati fase tersebut, mereka umumnya akan menyerah dan mulai merokok lagi. 
 
"Berhenti merokok bisa berhasil kalau ada niat dan motivasi yang besar.” Perokok yang ingin berhenti merokok sebenarnya bisa meminta pertolongan pada klinik henti rokok. 
 
Cara Berhenti Merokok: 
 
- Niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.
- Belajar membenci rokok
- Bergaulah dengan orang yang tidak merokok
- Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC
- Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
- Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi.
- Beritahu teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok.
- Kurangi merokok sedikit demi sedikit.
- Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu.
- Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau pentingnya kesehatan.
- Cari pengganti rokok, misalnya permen dan lain – lain
- Coba dan coba lagi jika masih gagal.
 
Tip Mengurangi Risiko Menjadi Perokok Pasif
- Mengusahakan lingkungan rumah yang bebas dari asap rokok
- Memastikan bahwa pengunjung rumah (tamu) tidak merokok di dalam rumah
- Menyediakan ruangan khusus untuk merokok
- Menjaga jarak dengan perokok aktif
-Memastikan seseorang untuk tidak merokok di dalam mobil Anda. (dr. GloryTangke Salu Lobo)
 
 
 
Anda punya pertanyaan seputar Merokok ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat