Profile
Strep Throat

Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Tenggorokan Anda

Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Tenggorokan Anda

Sakit tenggorokan kerap dianggap penyakit ringan penyerta flu saja. Faktanya, menurut ilmu kedokteran, sakit tenggorokan tidak bisa diremehkan karena bisa menyumbat jalan napas karena tonsil membesar pada jenis sakit tenggorokan tonsillitis.  Bahkan bisa memicu pneumonia atau radang paru pada sakit tenggorokan jenis laringitis yang sudah kronis. Laringitis adalah peradangan pita suara akibat jamur, virus atau bakteri. 

Penyebab paling umum dari sakit tenggorokan adalah virus. Sakit tenggorokan karena virus seringkali disertai dengan gejala flu seperti hidung berlendir, batuk, mata merah atau berair dan bersin-bersin. Virus mudah menyerang jika pertahanan tubuh kita lemah. Pertahanan tubuh lemah seringkali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, yang sayangnya masih banyak diterapkan oleh masyarakat kita seperti:

1.Merokok
Satu batang rokok mengandung sekitar 4.000 senyawa kimia yang 40 di antaranya bersifat racun. Racun-racun ini mengakibatkan banyak efek negatif terhadap kesehatan seperti kanker, paru-paru, gangguan kesehatan janin, kulit kusam, gangguan hormon, termasuk penurunan daya tahan tubuh yang menyebabkan bakteri, jamur dan virus mudah masuk dan berkembang.

Anda perlu: Stop merokok sekarang juga. Jika gagal, cobalah lagi dan lagi sampai berhasil benar-benar bebas darinya.

2.Kurang gerak fisik
Tubuh manusia dirancang untuk bergerak dinamis. Orang yang aktif secara fisik, rutin berolahraga terbukti lebih sehat dibanding mereka yang malas bergerak. Olahraga dapat merangsang pernapasan yang dalam sehingga paru-paru berkembang dan bertambah kapasitasnya melalui refleks dan reaksi kimia. ini menyebabkan paru-paru  jadi lebih berdayaguna sebab lebih banyak oksigen yang disalurkan ke dalam darah, memberi perasaan bugar, menyehatkan organ-organ tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus, termasuk virus penyebab radang tenggorokan.

Anda perlu: perbanyak berjalan kaki, berolahraga rutin minimal 3 kali semiggu selama masing-masing minimal 20 menit, bila perlu beli speedometer agar Anda termotivasi mencapai 10 ribu langkah setiap hari.

3.Mengganggap remeh polusi udara
Mereka yang hidup di kota-kota besar kerap tidak punya banyak pilihan selain mengirup udara yang sudah banyak tercemar. Pencemaran udara, tidak hanya disebabkan oleh maraknya industrialisasi tapi juga karena kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya emisi kendaraan bermotor.  Lihatlah di jalan-jalan, berapa banyak kendaraan menghasilkan asap yang banyak bahkan hitam. Uji emisi yang harusnya rutin dilakukan malah dianggap memberatkan. 

Penelitian yang dilakukan oleh tim Dr. Kari Nadeau,  dokter anak di Stanford’s Lucile Packard Children’s Hospital dan asisten profesor bidang alergi dan imunologi Stanford’s School of Medicine menyatakan polusi lingkungan berhubungan langsung dengan penurunan imunitas, meningkatnya risiko asma dan gangguan pernapasan lainnya.

Anda perlu: Menanam pohon di halaman rumah untuk menambah tabungan oksiden di udara, sedapat mungkin berangkat beraktivitas pagi hari saat penyebab polusi belum terlalu banyak, sesekali pergi berlibur ke tempat yang masih bersih udaranya.

4.Tidak membiasakan diri mencuci tangan
Tangan menggenggam banyak hal setiap hari. Tidak semua yang kita genggam itu bersih dan bebas kuman. Setelah tangan tercemar, tanpa sadar kita memegang dan menyuap makanan ke mulut. Pernahkah Anda berlaku demikian? Tidak heran jika  Anda lalu terserang sakit, entah itu sakit perut maupun sakit tenggorokan karena bakteri atau jamur.

Anda perlu: Cuci tangan hingga pergelangan termasuk sela-sela jari tangan dengan sabun dan air bersih sebelum dan sesudah makan, cuci tangan sesudah beraktivitas di toilet, menggenggam sesuatu yang kotor, dan sebelum tidur.

Jika kebiasaan-kebiasaan tidak sehat itu sudah Anda hindari dan masih juga terserang sakit atau infeksi tenggorokan, segeralah berobat ke dokter. Untuk meringankan gejala sakit tenggorokan yang dapat mengganggu aktivitas, konsumsilah Strepsils. Strepsils adalah permen pelega tenggorokan yang mampu melawan infeksi dan mencegah iritasi tenggorokan.  
Di dalam Strepsils terdapat dua zat aktif, yaitu Amlymetacresol 0.6 mg, bahan antiseptik yang bermanfaat menyembuhkan infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan. Serta dibenal  1.2 mg, antiseptik yang sanggup membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi tenggorokan. Efek pelega kilat tenggorokan pada Strepsils ini sanggup bertahan selama dua jam hanya dalam 5 menit konsumsi.

Cek kondisi kesehatan tenggorokan Anda gratis dengan mengunduh aplikasi How's Your Throat Today? Yang dapat Anda unduh di smartphone Android atau Ios. Lalu, tes, suara Anda. Atau Anda bisa mengirimkan foto tenggorokan untuk diagnosa sementara. Yuk, segera unduh di Apps Store dan Google Playstore. 

 

 

 

Anda punya pertanyaan seputar Strep Throat ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan