Profile
Hamil

Keputihan Saat Hamil

Keputihan Saat Hamil

Keputihan adalah salah satu hal yang paling sering dialami saat masa kehamilan. Pasalnya, saat hamil umumnya dibarengi dengan perubahan kondisi fisik dan hormonal pada setiap wanita. Namun, kenali lebih lanjut, apakah hal tersebut normal atau tidak?

Terjadinya keputihan di masa kehamilan, karena adanya  perubahan hormonal dan aliran darah di daerah rahim serta vagina, yang kemudian mengakibatkan adanya peningkatan sekresi vagina. Pada dasarnya, mengalaminya dalam jumlah lebih banyak selama kehamilan termasuk hal yang wajar. Ini dikenal dengan sebutan leucorrhea, keputihan berwarna putih susu yang tidak menyengat baunya dan mulai keluar, bahkan sebelum kehamilan terbentuk sempurna. Nah, keputihan akan semakin banyak di masa kehamilan, karena meningkatnya kadar estrogen dan aliran darah menuju vagina.

Cairan keputihan terbentuk dari sisa-sisa pembuangan sel-sel serviks dan vagina, serta flora bakteri normal di dalam vagina. Seiring dengan semakin dekatnya waktu kelahiran, biasanya akan semakin banyak jumlah cairan yang keluar, bersamaan dengan terlepasnya mucus plug, atau cairan serviks yang memenuhi pintu keluar serviks yang bersifat melindungi. 


Jika, keputihan keluar dalam jumlah banyak pada usia kandungan yang belum mencapai 37 minggu, atau jika keputihan menjadi sangat encer, berbau hingga bercampur darah atau terasa sakit, gatal dan terbakar, segeralah menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Sedangkan, jika usia kehamilan sudah melampaui usia 37 minggu, keputihan perlu dicermati lebih teliti. Karena, tak jarang, kondisi yang diduga sebagai keputihan, justru air ketuban yang pecah.

Kenali penyebab keputihan 

Keputihan juga disebabkan karena berbagai hal, keputihan yang keluar diiringi dengan kondisi vulva membengkak, kemungkinan telah terjadi infeksi yeast. Jika, keputihan berwarna pekat dan berbau amis setelah berhubungan suami istri, kemungkinan yang dialami ibu hamil adalah bacterial vaginosis. Jika, keputihan berubah warna menjadi kekuningan dan kehijauan dengan bau tidak sedap, ada kemungkinan adanya trichomoniasis. Namun, hal tersebut perlu dipastikan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai pemerikaan laboratorium.

Kondisi keputihan pada ibu hamil termasuk wajar terjadi, selama hal ini tidak dibarengi dengan perubahan warna maupun timbulnya bau tidak sedap dan rasa sakit atau gatal di sekitar vagina. Tapi, jika Anda mencurigai adanya infeksi, hindari mencoba mengobati diri sendiri dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Dalam kondisi saat hamil, Anda harus lebih berhati-hati dalam pemakaian obat-obatan yang dijual bebas. Sebaiknya, temui dokter untuk mengetahui diagnosa dari gejala yang dialami dan perawatan yang tepat.


Untuk menjaga kesehatan vagina, selalu rawat kebersihan daerah vagina dengan mengeringkan vagina dari arah depan ke belakang. Kenakan juga celana dalam katun yang tidak ketat. Hindari pemakaian celana dalam berbahan nilon, mandi dengan air berbusa, dan panty liner dengan pewangi buatan.  Intinya, bahan apa saja yang bersinggungan dengan vagina, tidak boleh memiliki tambahan bahan kimia buatan. Pewangi dalam bentuk semprotan maupun sabun untuk area genital pun, sebaiknya dihindari selama kehamilan.

Selain itu, jangan pernah membersihkan bagian dalam vagina dengan memasukkan jari ke dalamnya. Bakteri yang melekat di tangan, dapat memasuki vagina dan mengganggu keseimbangan flora vagina, membuat vagina lebih rentan mengalami infeksi. Pada kasus yang jarang terjadi, memasukkan jari ke bagian dalam vagina dapat membantu masuknya udara ke dalam sistem sirkulasi, yang dapat mengakibatkan terjadi komplikasi yang berakibat fatal. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil