Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

Keriput dan Bekas Luka Lenyap dengan Microneedling

Keriput dan Bekas Luka Lenyap dengan Microneedling

Microneedling melibatkan rol jarum halus untuk menciptakan lubang kecil di lapisan atas kulit

Anda sering melihat artikel atau iklan di majalah mengenai microneedling yang menjanjikan kulit muda bersinar. Benarkah ratusan jarum mini dapat membuat kulit Anda tampil lebih baik?
Jawaban versi pendeknya adalah ya, jika Anda bermaksud untuk memerbaiki kondisi kulit yang habis terbakar sinar matahari, mengurangi kerutan dan membuat jerawat lebih tersamar. 

Mau tahu lebih jauh manfaat microneedling? Simak penjelasan Dermatologis Amy Kassouf, MD, di bawah ini.

Bagaimana cara microneedling bekerja?
Microneedling juga dikenal sebagai terapi induksi kolagen, yang melibatkan  rol jarum halus untuk menciptakan lubang kecil di lapisan atas kulit, plus pengaplikasian krim kulit atau serum.
Proses "cedera terkontrol" ini membuat kulit sedikit terluka dan proses penyembuhannya akan merangsang tumbuhnya kolagen yang membantu mengisi dan menghaluskan keriput serta garis-garis halus di kulit, kata Dr. Kassouf.

Kondisi kulit apa yang bisa diatasi oleh microneedling
Selain untuk merawat kulit keriput dan yang terbakar matahari, microneedling bisa juga untuk merawat bekas jerawat atau luka karena sebab lainnya. Para ahli kulit juga kerap menggunakan teknik microneedling untuk menghaluskan paha atau perut. Namun Dr. Kassouf juga mengingatkan bahwa prosedur ini tidak bisa menyembuhkan 100 persen. 

Efek samping
Efek samping microneedling bersifat minor. Rasa sakit selama proses perawatan bisa dikurangi dengan mengoleskan agen topikal yang bersifat seperti bius lokal.  Tetapi beberapa pasien mungkin mengalami sedikit rasa sakit sesudahnya dan kulitnya mungkin memerah selama beberapa hari.

Microneedling juga berisiko infeksi jika peralatan yang digunakan tidak steril. Setelah melakukan perawatan, Dr. Kassouf menyarankan Anda menghindari tempat-tempat yang berpotensi menularkan infeksi seperti kolam renang atau gym. 

Perubahan warna kulit. Perubahan warna dari terang ke gelap bisa terjadi, terutama untuk mereka yang berkulit gelap. Tapi efek ini biasanya hanya bersifat sementara.

Bolehkah menggunakan microneedle jenis home kit? 
"Saya pribadi belum pernah menggunakannya" kata Dr. Kassouf. "Tapi tentu saja hasilnya tidak sebanding jika Anda menggunakan peralatan profesional."
Jika Anda menggunakan home kit, pastikam instrumen yang Anda gunakan bersih dan steril.

Dr. Kassouf juga berpesan agar sebum.menjalani prosedur perawatan kulit apapun, bicarakan dulu dengan dokter kulit untuk mengetahui risiko yang mungkin timbul dan bagaimana cara mencapai hasil yang maksimal. 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif