Profile
Gigi & Kesehatan Mulut

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Mulut

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Mulut

Selain bermanfaat untuk melangsingkan badan, ada manfaat lain dari teh hijau yang bermanfaat bagi kesehatan mulut. Teh hijau mengandung senyawa yang muncul untuk mengendalikan peradangan dan melawan infeksi bakteri di dalam mulut. Minuman ini juga kaya akan antioksidan, yang memiliki banyak sifat kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan mulut.

  • Mencegah Gigi Berlubang

Teh hijau mengontrol bakteri dan menurunkan keasaman saliva dan plak gigi, serta mencegah gigi berlubang. Sebuah studi dari Mesir menguji orang sebelum dan setelah mereka mengkonsumsi teh hijau. Hasilnya adalah mereka yang mengkonsumsi teh hijau memiliki bakteri lebih sedikit dan asam di mulut mereka, serta mengurangi perdarahan gusi.

  • Kesehatan Gusi

Kekuatan anti-inflamasi yang terkandung di dalam teh hijau membantu mengendalikan penyakit periodontal (gusi). Survei di Jepang terhadap 1000 orang responden menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau secara teratur memiliki gusi sehat daripada mereka yang tidak. Sebuah penelitian di Jerman menemukan hasil yang positif serupa pada orang yang diminta untuk mengunyah permen yang mengandung ekstrak teh hijau.

  • Mengontrol Sel Kanker

Antioksidan dari teh hijau muncul untuk melindungi terhadap kerusakan sel dan pertumbuhan tumor kanker. Dalam satu studi di University of Texas, ekstrak teh hijau diberikan kepada pasien dengan lesi prakanker di mulut mereka, dan hasilnya dapat memperlambat perkembangan kanker mulut. Penelitian pada hewan juga menemukan bahwa senyawa teh dapat menghambat pertumbuhan kanker.

  • Napas yang Lebih Baik

Teh hijau juga membuat napas lebih baik karena teh hijau  membunuh mikroba yang membuat mulut Anda berbau tidak sedap. The University of British Columbia’s Faculty of Dentistry mengukur tingkat senyawa bau di mulut orang setelah mereka diberi bubuk teh hijau atau zat lain yang membantu bau mulut. Hasilnya, napas pada mulut orang yang mengkonsumsi teh hijau lebih baik.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya