Profile
Luka Bakar

Menangani Luka Bakar Sesuai Tingkat Keparahannya

Menangani Luka Bakar Sesuai Tingkat Keparahannya

Bagi Anda penderita luka bakar, tak perlu khawatir luka yang diderita tak akan sembuh, karena tak selamanya luka bakar sulit untuk diobati dan penanganannya cenderung rumit. Sebelum melakukan tindakan pengobatan ada baiknya Anda mengetahui dan dapat membedakan luka bakar ringan atau luka bakar yang serius, guna tindakan pengobatan yang akan dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan dari luka bakar tersebut. Berikut pertolongan pertama yang dapat dilakukan bila Anda mengalami luka bakar: 
 
Luka bakar tingkat pertama
Umumnya luka bakar tingkat pertama hanya terjadi pada lapisan atas kulit Anda. Luka bakar tingkat pertama dapat digolongkan sebagai luka bakar yang ringan dengan tanda- tanda seperti, kulit menjadi kemerahan, terasa nyeri yang ringan atau cenderung sedang, dan tak menutup kemungkinan terjadinya pembengkakan. Anda tak perlu khawatir akan kasus ini, karena luka bakar tingkat pertama atau luka bakar ringan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas luka.
 
Anda juga dapat mengoleskan salep atau krim yang memiliki kandungan Placenta Extract dan Neomycin Sulphate karena kombinasi dari kedua kandungan ini sangat efektif untuk perawatan luka. Placenta Extract dapat mempercepat regenerasi sel dan berfungsi untuk penyembuhan luka, karena Placenta Extract termasuk dalam “biogenic stimulator”.
 
Baca di sini untuk penanganan luka bakar yang lebih serius

Luka bakar tingkat kedua
Ketika lapisan kulit kulit pertama dan kedua kulit (dermis) juga terbakar, maka cedera ini dapat disebut dengan luka bakar tingkat dua. Luka bakar tingkat dua juga dapat terjadi bila kerusakan menyebabkan luka superficial atau mendalam dengan tanda-tanda bagian yang terbakar (kulit) menjadi intens memerah, terasa nyeri, membengkak, dan bergelembung atau melepuh.
 
Untuk meredakan rasa nyeri Anda dapat membasuh dengan air mengalir atau mengompres bagian luka bakar dengan air dingin (bukan air es atau air yang menggunakan es) selama 10 sampai 15 menit atau sampai rasa nyeri mereda. Karena penggunaan air dingin yang menggunakan es yang langsung pada luka bakar dapat menyebabkan tubuh Anda menjadi terlalu dingin dan memicu terjadinya kerusakan yang lebih lanjut pada luka.
 
Bila luka bakar yang terjadi memiliki diameter 7,6 cm dan tidak lebih Anda dapat melakukan tindakan pengobatan sama dengan luka bakar tingkat pertama, akan tetapi bila luka bakar yang terjadi memiliki diameter lebih dari 7,6 cm segeralah bawa diri Anda ke dokter agar mendapatkan bantuan medis dengan segera.
 
Luka bakar tingkat ketiga
Luka bakar tingkat ketiga merupakan luka bakar yang paling serius karena luka ini dapat  melibatkan semua lapisan kulit dan menyebabkan kerusakan jaringan secara permanen. Bagian yang mengalami luka bakar tingkat ketiga akan hangus menghitam atau putih, tampak kering dan tidak terasa nyeri. Bila terjadi luka bakar tingkat ketiga, segeralah bawa diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang serius dan tepat.
 
Direview oleh dr. Margareta Amelia
Anda punya pertanyaan seputar Luka Bakar ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan