Profile
Hamil

Mengenal Fetal Surgery, Intervensi Janin Dalam Rahim

Mengenal Fetal Surgery, Intervensi Janin Dalam Rahim

Fetal surgery adalah tindakan intervensi atau terapi pada janin di dalam kandungan.

Istilah fetal surgery mungkin masih terdengar asing. Kasus artis Marissa Nasution yang menjalani fetal surgery di Singapura, membuat istilah ini mencuat. 
 
Fetal surgery adalah tindakan intervensi atau terapi pada janin di dalam kandungan. Operasi ini cukup sering dilakukan oleh dokter kebidanan dan kandungan yang telah mengambil sub-spesialisasi feto maternal atau ahli dalam hal kesejahteraan ibu dan janin, termasuk janin bayi kembar. 
 
Spesialis maternal-fetal telah lama mengetahui bahwa beberapa cacat lahir berhasil diobati setelah kelahiran. Tapi seperti teknologi, pencitraan janin dan tes pralahir telah membaik dalam beberapa dekade terakhir, demikian juga pengetahuan kita tentang perkembangan janin.
 
Alat diagnostik yang diperluas memungkinkan dokter  untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada janin, dan mengatasinya sejak bayi masih berada dalam kandungan. Saat ini, fetal surgery  menjadi pilihan bagi semakin banyak bayi yang mengalami cacat lahir.
 
Mengobati cacat lahir sebelum kelahiran
Operasi janin memungkinkan dokter  melakukan intervensi lebih awal. Dengan menggunakan prosedur operasi yang sangat canggih, saat ini dokter dapat mengobati cacat lahir yang membuat bayi cacat dan mengancam jiwa, selama perkembangan janin, dan bukan setelah kelahiran. Hal ini tentunya menawarkan harapan baru kepada keluarga.
 
Operasi janin adalah prosedur yang kompleks dan menantang, membutuhkan perawatan yang paling ahli dan komprehensif untuk ibu dan bayi yang belum lahir. Beberapa tim medis memiliki keterampilan dan sumber daya untuk melakukan prosedur yang rumit tersebut, yang dapat memberikan risiko signifikan bagi ibu dan bayi.
 
Karena bidang pengobatan janin terus berlanjut, semakin banyak bayi akan diobati sebelum mereka lahir. Cacat lahir yang telah berhasil diobati dengan terapi janin, meliputi: 
-Amiotic Band Syndrom
-SekuestrasiBronkopulmoner
-KelainanBawaanKistikAdenomatoid (CCAM )
-Hernia Diafragma Kongenital (CDH)
-Sindrom Obstruksi Saluran Nafas Atas (CHAOS)
-Transfusi Intrauterin (IUT)
-ObstruksiSaluranKemihbagianbawah (LUTO)
-Teratoma mediastinum
-Massa leher
-Agenesis paru
-Teratomasakrokoksigeus
-Spina bifida (myelomeningocele)
-RangkaianPerfusiBalikArteripadaJaninKembar (TRAP)
-Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS)
 
Dengan teknologi kedokteran yang semakin canggih, diharapkan lebih banyak terapi janin kepada lebih banyak ibu hamil, dan pada akhirnya, membantu generasi bayi berikutnya menikmati kehidupan yang lebih sehat.
 
Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya
Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan