Profile
Strep Throat

Mudik Nyaman Bebas Sakit Tenggorokan

Mudik Nyaman Bebas Sakit Tenggorokan

Mudik adalah momen yang  paling ditunggu menjelang Lebaran. Demi bisa mudik ke kampung halaman dan bertemu sanak keluarga, banyak yang rela bermacet-macetan di jalan. Bahkan demi mudik berjalan lancar, persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari.  Namun, seringkali yang luput dari perhatian banyak orang adalah mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap bugar saat mudik.  Padahal, kesehatan adalah modal penting sukses tidaknya mudik Anda. Tidak mau kan, mudik terpaksa batal gara-gara kesehatan Anda mendadak terganggu? Kalau pun Anda merasa tidak punya masalah dengan kesehatan, tapi perjalanan mudik bisa membuat Anda rentan terserang penyakit, lho. 

Salah satu penyakit yang mudah menyerang para pemudik adalah sakit tenggorokan. Dehidrasi, kelelahan, polusi di jalan, makanan yang  terjaga kesehatan dan kebersihannya, serta kurangnya tubuh bergerak, membuat imunitas tubuh menurun. Dan penyakit yang mudah menyerang saat kondisi tubuh Anda drop adalah radang tenggorokan. 
Radang tenggorokan itu biasanya disebabkan  oleh virus. Meski begitu, bakteri juga bisa jadi penyebab radang tenggorokan. Ciri-ciri Anda terserang radang tenggorokan adalah sakit, merah, panas, sulit menelan, gatal, suara serak dan bengkak pada tenggorokan. Bahkan sakit tenggorokan juga bisa disertai dengan demam. 

Jenis-jenis sakit tenggorokan yang biasa menyerang adalah tonsilitis yaitu infeksi atau radang amandel yang kadang mengakibatkan sakit tenggorokan dan deman. Ada pharyngitis yaitu infeksi tenggorokan atau hulu tenggorokan (pharynx), biasa disebut juga sebagai radang tenggorokan. Jenis yang lain adalah laryngitis yaitu inflamasi laring (pita suara) yang menyebabkan suara serak dan hilang. Penyebab paling umum adalah karena pilek dan flu. 

Selama ini sakit tenggorokan kerap dianggap sebagai penyakit yang tak perlu penanganan khusus. Kita cenderung mendiamkan dan menganggap nyeri pada tenggorokan akan hilang dalam seminggu. Ya,  memang sakit tenggorokan bisa hilang sendiri. Namun, kondisi tidak nyaman akan Anda rasakan tiap hari, lho. Dan itu sangat mengganggu aktivitas. Apalagi bila dibiarkan berlarut dan penanganannya tidak tepat, bisa berdampak pada tubuh Anda yang lain. 

Karena sakit tenggorokan bisa membuat mudik Anda tidak nyaman, maka Anda perlu segera mencari cara agar nyerinya tidak bertambah parah. Pertama, tentunya Anda perlu menghindari merokok (jika Anda merokok). Menjaulah dari asap rokok dan polusi karena bisa memperparah kondisi iritasi Anda. Perhatikan kondisi makanan selama di perjalanan.Jangan sembarang membeli makanan di jalanan. Pilihlah yang kebersihannya terjamin dan tentunya sehat. Hindari makan gorengan selama perjalanan. Kalau perlu bawalah selalu bekal makanan dari rumah.  

Beristirahalah dalam perjalanan. Jangan dipaksakan bila Anda mulai lelah. Kurangi juga mengonsumsi kafein meski itu bisa ‘membunuh’ rasa kantuk Anda.  Terakhir, banyaklah mengonsumsi air putih sehingga terhindar dari dehidrasi dan membuat tenggorokan semakin kering. Anda bisa membawa tumbler dari rumah, dan mengisinya setiap saat. Selain itu, jangan berdehem untuk membersihkan tenggorokan akrena akan menyebabkan terjadi vibrasi abnormal pada pita suara. 

Sebagai langkah pencegahan, sediakan selalu tablet hisap peleda sakit tenggorokan (lozenges). Anda bisa langsung mengonsumsi tablet hisap pereda tenggorokan begtu Anda terserang radang tenggorokan. Tablet hisap memiliki kandungan dua zat aktif, yaitu: 
1.Amylmetacresol 0.6 mg, yang menyembuhkan infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan.
2.Dibenal 1.2 mg, merupakan antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi gangguan. 

Ada juga kandungan levomenthol yang dapat meredakan rasa sakit atau gatal. 
Cara kerja zat aktif tersebut adalah ketika tablet dihisap, air liur akan terstimulasi dan membawa kedua zat aktif melapisi tenggorokan dan membunuh patogen gangguan tenggorokan. Umumnya efek lega dan nyaman pada tenggorokan akan bertahan hingga dua jam setelah tablet itu habis di mulut. 

Jangan sembarang pilih table hisap ya. Pilihlah yang memiliki kandungan dua zat aktif tersebut dan terpercaya. Apa lagi kalau bukan Strepsils. Kelebihan dari tablet hisap ini adalah efeknya bisa Anda rasakan hanya dalam waktu 5 menit, lebih cepat dari produk lain. 

Ada banyak varian Strepsils, yang bisa Anda pilih sesuai selera. Ada Strepsils Original dengan rasa peppermint. Strepsils soothing dengan rasa madu dan lemon. Strepsils Cool dengan sensasi dinginya. Strepsils vitamin C dengan kandungan 1000 mg vitamin C. Strepsils Sugar Free denganr rasa lemon yang cocok untuk penderita diabetes. Dan Strepsils Children dengan rasa strawberry dan aman untuk anak. 

Sebagai upaya preventif agar sakit tenggorokan tidak mengganggu perjalanan mudik, Anda bisa memgunduh aplikasi mobile“How’s Your Throat Today?” yang dapat Anda unduh di smartphone Android atau Ios. Melalui aplikasi ini, Anda bisa dapat dengan mudah menemukan solusi jika tiba-tiba Anda atau keluarga mendapatkan serangan sakit tenggorokan di jalan.  

Caranya mudah kok. Tes suara Anda. Atau mengirimkan foto tenggorokan untuk didiagnosa sementara. Anda juga dapat menggunakan fitur “Ask The Expert,” mengetahui mitos dan fakta tentang sakit tenggorokan dan mengecek kondisi cuaca. Aplikasi sudah tersedia di Apps Store dan Google Playstore. Yuk, mudik nyaman bebas radang tenggorokan dengan Strepsils. 

Anda punya pertanyaan seputar Strep Throat ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil