Profile
Nutricoach

Nutrisi Selama Kehamilan

Nutrisi Selama Kehamilan

Masa hamil adalah masa yang membahagiakan bagi semua ibu yang menantikan kelahiran sang buah hati

Masa hamil adalah masa yang membahagiakan bagi semua ibu yang menantikan kelahiran sang buah hati. Ini juga merupakan fase yang penting dan menentukan agar buah hati yang lahir kelak sehat dan normal tak kurang suatu apapun, karena kehamilan merupakan awal dimana bayi tumbuh dan berkembang dalam kandungan. Untuk mendapatkan buah hati yang sehat tentunya kebutuhan nutrisi yang cukup harus terpenuhi baik untuk ibu maupun janin.

Adanya janin yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim membuat kebutuhan nutrisi ibu meningkat seiring dengan usia kehamilan. Trimester pertama, merupakan periode yang penting dimana terjadi proses pembuahan dan pembentukan organ-organ tubuh janin namun adanya gangguan mual dan muntah serta menurunnya nafsu makan sering membuat ibu hamil kekurangan asupan nutrisi. Meskipun demikian harus tetap diupayakan untuk mengkonsumsi makanan agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi, misalnya dengan makan dalam jumlah sedikit tetapi frekuensinya lebih sering. Ada baiknya untuk menghindari makanan berlemak atau berminyak guna mengurangi rasa mual. Pada trimester pertama ini dibutuhkan tambahan asupan sekitar 180 kilokalori setiap harinya. Selain itu, yang harus diperhatikan pada masa ini adalah kebutuhan akan asam folat sehingga harus diusahakan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti kacang-kacangan, sayuran hijau dan buah ataupun suplemen yang mengandung asam folat. Kekurangan asam folat dapat berakibat perkembangan janin yang tidak sempurna hingga cacat saat lahir. Konsumsi kalsium wajib bagi ibu hamil karena kurangnya konsumsi kalsium akan membuat janin mengambil kalsium dari tulang ibu sehingga dapat berakibat osteoporosis pada ibu. Kandungan kalsium banyak terdapat pada susu dan produk-produk olahannya seperti keju, yoghurt, dan lain-lain. Pada trimester kedua pembentukan organ janin sudah sempurna. Yang terjadi pada masa ini adalah pematangan organ dan fungsi tubuhnya serta pertumbuhan secara keseluruhan, sehingga nutrisi yang dibutuhkan pada trimester kedua lebih banyak daripada trimester pertama, salah satunya yaitu penambahan sekitar 300 kilokalori per hari. Zat gizi lain yang penting untuk dipenuhi adalah zat besi guna menyuplai kebutuhan oksigen jaringan. Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia dan terganggunya pembentukan sel darah merah yang akan membahayakan ibu saat proses persalinan. Pada Trimester ketiga, janin dalam kandungan akan tumbuh semakin pesat, tubuhnya semakin besar dan berisi serta makin aktif bergerak. Nutrisi yang dibutuhkan pada masa ini sama seperti pada trimester kedua yaitu penambahan sekitar 300 kilokalori setiap harinya. Tidak disarankan untuk memgkonsumsi makanan secara berlebihan karena dapat menyebabkan berat bayi berlebih sehingga menyulitkan proses kelahiran, di samping menghindari komplikasi pada ibu seperti terjadinya obesitas, hipertensi,dan  diabetes.

Pada prinsipnya, pemenuhan kebutuhan zat gizi selama masa hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan yang higienis, bergizi lengkap dan seimbang. Higienis dalam arti tetap menjaga kebersihan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh serta memperhatikan tingkat kematangannya. Gizi yang lengkap mencakup semua zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin baik makronutrien (karbohidrat,protein, lemak) maupun mikronutrien (vitamin dan mineral) termasuk mencukupi kebutuhan cairan (cukup minum). Seimbang dalam hal porsi pada setiap sajian (karbohidrat 50-60%, protein 15-20%, lemak 25-30%). Sementara jumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk masa hamil adalah kebutuhan nutrisi wanita sesuai usianya ditambah asupan sesuai trimester kehamilannya. Jadwal makan pun sebaiknya diatur agar merata dan seimbang hingga kebutuhan nutrisi bisa dikonsumsi secara sempurna, misalnya 3x menu lengkap yaitu pada saat sarapan pagi, makan siang dan makan malam ditambah 2x menu tambahan yang dapat dikonsumsi sebagai selingan pagi dan sore. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan mikronutrien dan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi diharapkan ibu dapat menjalani kehamilannya dengan sehat dan menyenangkan hingga melahirkan sang buah hati yang sehat pula.

 

 

dr. Yolin Marlisa, M.Gizi 

Anda punya pertanyaan seputar Nutricoach ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan