Profile
Nutricoach

Nutrisi untuk Bayi Usia 0 – 6 bulan

Nutrisi untuk Bayi Usia 0 – 6 bulan

Nutrisi untuk Bayi Usia 0 – 6 bulan

Kebutuhan nutrisi pada bayi meliputi kebutuhannya untuk pertumbuhan, energi yang dikeluarkan selama aktivitas, kebutuhan metabolisme basal, serta interaksi antar nutrien yang dikonsumsi. Nutrisi yang cukup selama periode bayi dan masa anak-anak penting untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak dapat mencapai potensi optimalnya. Sedangkan nutrisi yang buruk dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Rekomendasi global yang dikeluarkan oleh WHO dan UNICEF untuk nutrisi yang optimal adalah pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan (130 hari) dan pemberian makanan padat yang cukup gizi dan aman dimulai dari usia 6 bulan sambil melanjutkan ASI hingga usia 2 tahun. Selama 6 bulan pertama ASI menyediakan seluruh makanan dan cairan yang dibutuhkan oleh bayi. Pemberian ASI eksklusif berarti bayi hanya mendapatkan ASI saja atau ASI perah, dan tidak diberikan cairan ataupun makanan padat lainnya, bahkan air putih. Pengecualian adalah untuk cairan rehidrasi oral, obat-obatan sirup atau drop yang mengandung suplemen vitamin da mineral. Oleh sebab itu jangan berikan apapun selain ASI, bahkan air putih, kepada bayi selama 6 bulan pertama. Berikan ASI sesuai permintaan bayi, siang dan malam. Semakin sering bayi menghisap payudara ibu dan disertai dengan perlekatan yang baik maka produksi ASI akan semakin banyak.

Apabila teknik menyusuinya benar, maka pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama usia bayi akan dapat memenuhi kebutuhan energi dan nutrien pada sebagian besar bayi. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa bayi sehat tidak membutuhkan tambahan air selama enam bulan pertama usianya apabila diberikan ASI eksklusif. ASI sendiri mengandung 88% air yang cukup untuk memenuhi rasa haus bayi. Pemberian cairan tambahan dikhawatirkan akan menggeser konsumsi ASI sehingga menurunkan jumlah asupan energi pada bayi.  

Indikator yang paling umum untuk menilai apakah bayi mengonsumsi cukup kalori adalah pertumbuhan fisik yang dilihat dari pertambahan panjang badan, berat badan, dan lingkar kepala. Pertumbuhan fisik adalah suatu proses kompleks yang dapat dipengaruhi oleh berat badan saat lahir serta usia kandungan saat dilahirkan, faktor lingkungan dan genetik, serta kondisi medis, selain dari asupan makannya. Secara umum, bayi sehat akan mencapai dua kali berat badan lahir pada usia 6 bulan dan mencapai tiga kali berat badan lahir pada usia 12 bulan. 

(dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK)

Referensi:

1 Trahms CM, McKean KN. Nutrition during infancy. Dalam: Krause’s Food and Nutrition Therapy, edisi 12. Saunders Elsevier, 2008

2 WHO Fact Sheet. Infant and child feeding. July 2017

3 Your Guide to breastfeeding. US Department of Health and Human Services, Office on Women's Health, 2011

 

Anda punya pertanyaan seputar Nutricoach ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya