Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Obat Batuk Sesuai Gejala

Obat Batuk Sesuai Gejala

Obat batuk berfungsi mengatasi Batuk yang memang sangat mengganggu. Selain menimbulkan kelelahan, batuk juga dapat membuat Anda pusing, bahkan nyeri dada. Bukan hanya mengganggu aktivitas, istirahat pun akan terganggu.  

Batuk sebenarnya merupakan mekanisme perlindungan tubuh, terhadap zat iritatif seperti asap, debu yang mengganggu fungsi saluran pernapasan. Begitu pula dengan lendir atau dahak yang terbentuk sebagai respon tubuh terhadap benda asing, akan mempermudah pembersihan saluran napas. Tapi, jika batuk berlangsung lama dan lendir berubah warna atau berdarah, maka diperlukan perhatian medis lebih lanjut.


Nah, sebelum batuk semakin parah, ada baiknya kenali beberapa kandungan obat batuk. Agar penggunaan obat batuk, tepat sasaran sesuai gejala yang dialami.

1.    Dekstrometorfan
Jenis obat batuk ini, biasanya diperuntukkan untuk Anda yang mengalami batuk kering dan disertai dengan flu. Kandungan dekstrometorfan
pada obat batuk berfungsi untuk meredakan atau menekan rangsang batuk. Dekstrometorfan memiliki efek samping, yaitu dapat menyebabkan kantuk, pusing dan mual muntah. Selain itu, bagi pengidap diabetes, sebaiknya berhati-hati, karena obat ini mengandung glukosa.

2.    Ekspektoran
Ekspektoran adalah jenis obat batuk yang dapat mengencerkan dan membantu membersihkan lendir yang ada di dalam saluran napas, sehingga batuk menjadi lebih ringan. Tak hanya itu, ekspektoran juga berfungsi untuk melancarkan saluran pernapasan. Jenis obat ini cocok untuk batuk berlendir atau berdahak. Contoh obat ekspektoran antara lain, adalah guaifenesin, ammonium klorida, squill (tanaman herbal), dan natrium sitrat.

Itulah beberapa kandungan obat batuk yang perlu Anda ketahui. Tetap periksakan diri Anda ke dokter, jika batuk sudah berlangsung cukup lama dan timbul gejala lain, seperti demam, nyeri menelan, dan perubahan warna dahak.  Untuk batuk dengan kecurigaan disebabkan oleh infeksi, maka dokter akan meresepkan antibiotik. Pemberian antibiotik tepat guna, akan membantu mempercepat proses penyembuhan.  (PR)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat