Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Obat Batuk Tradisional Buat Anak

Obat Batuk Tradisional Buat Anak

Batuk adalah embusan cepat udara dari paru-paru dan saluran nafas untuk membersihkan saluran nafas dari cairan atau lendir. Kebanyakan batuk atau pilek biasanya disebabkan oleh virus. Beberapa virus bisa menginfeksi hidung dan tenggorokan yang bisa menimbulkan batuk.

Batuk sering sekali membuat anak sulit bernafas sebab adanya lendir pada saluran nafas. Oleh karena itu, tak sedikit ibu yang memberikan obat batuk yang bisa dibeli bebas di apotek. Padahal, penggunaan obat batuk harus atas resep dan pengawasan dokter. 

Untung saja, ada cara lain yang bisa digunakan sebagai obat batuk. Misalnya, menggunakan obat batuk tradisional yang bisa dibuat di rumah seperti ini:

Madu

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu bisa menjadi obat batuk tradisional yang lebih efektif. Pasalnya madu mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat meredakan batuk. Namun, madu baru bisa dikonsumsi oleh anak pada usia di atas 1 tahun. Nah, Anda bisa memberikan sekitar setengah sendok teh madu untuk anak usia 1 – 5 tahun dan 1 sendok teh madu untuk anak usia 6 – 11 tahun. 

Cairan hangat

Saat anak batuk, pasti anak merasakan ada lendir dalam tenggorokan yang sulit untuk dikeluarkan. Nah, salah satu obat batuk tradisional untuk mendorong keluar lendir tersebut dan melegakan tenggorokan adalah memberikan cairan hangat kepada anak sehingga lendir lebih mudah untuk dikeluarkan. Misalnya, air hangat dan teh hangat.

Sup

Baik bagi anak-anak ataupun orang dewasa, sup bisa menjadi obat batuk tradisional. Selain batuk, sup juga bisa meredakan flu. Pasalnya sup memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan radang dan mengencerkan lendir. 

Cukup tidur

Tidur yang cukup akan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Sayangnya, menurut riset, sedikitnya sebanyak sepertiga anak di dunia tidak cukup istirahat. Jadi, saat anak terserang batuk maupun saat sehat, pastikan bayi tidur selama 18 jam sehari, anak usia TK sebanyak 12 – 14 jam sehari, dan anak usia SD selama 10 – 11 jam sehari.

Cuci tangan

Kebiasaan rutin mencuci tangan bisa mengurangi kemungkinan anak terserang sakit batuk maupun flu pada anak. Oleh karena itu, ajarilah anak cara mencuci tangan yang baik sejak dini pada anak. 

Sebagai catatan, jika dalam seminggu atau lebih, batuk yang diderita tidak kunjung sembuh atau batuk disertai keluarnya darah atau terdapat bunyi nafas tambahan seperti mengi (bengek) atau bibir biru, Anda sebaiknya memmbawa anak untuk diperiksa ke dokter supaya segera mendapatkan penanganan lebih lanjut. (DV)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

 
Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil