Profile
Osteoporosis

Osteoporosis dan Kesehatan Tulang

Osteoporosis dan Kesehatan Tulang

osteoporosis rentan terjadi pada perempuan yang kekurangan kalsium

Hari ini, tanggal 20 Oktober diperingati sebagai hari osteoporosis sedunia. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1996 oleh United Kingdom’s National Osteoporosis Society dan selanjutnya diselenggarakan oleh International Osteoporosis Foundation. Peringatan Hari Osteoporis Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global tentang pencegahan, diagnosis dan pengobatan osteoporosis. 

Osteoporosis menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh-sehingga saat terjatuh atau bahkan tekanan ringan seperti membungkuk atau batuh bisa menyebabkan patah tulang. Fraktur atau patah tulang terkait osteoporosis paling sering terjadi pada pinggul, pergelangan tangan atau tulang belakang. 

Tulang adalah jaringan hidup yang terus-menerus dipecah dan diganti. Osteoporosis terjadi saat pembentukan tulang baru tidak sesuai dengan pengangkatan tulang tua. 
Apakah hanya perempuan yang mengalami osteoporosis? Pastinya tidak. Osteoporosis memengaruhi laki-laki dan perempuan dari semua ras. Namun, perempuan yang mengalami menopause berisiko tinggi mengalami osteoporosis. 

Pengobatan, diet sehat dan latihan menahan beban dapat membantu mencegah keropos tulang atau memperkuat tulang yang sudah lemah.

Pada tahap awal, osteoporosis biasanya tidak menunjukkan gejala. Tapi begitu tulang Anda dilemahkan oleh osteoporosis, kemungkinan memiliki tanda atau gejala yang meliputi: 
-Nyeri punggung, disebabkan oleh retak atau robek tulang belakang
-Kehilangan tinggi badan dari waktu ke waktu
-Postur bungkuk
-Fraktur tulang yang terjadi jauh lebih mudah dari yang diperkirakan

Kapan harus ke dokter?
Anda mungkin perlu berbicara pada dokter tentang osteoporosis jika Anda mengalami menopause dini atau mengonsumsi kortikosteroid selama beberapa bulan pada satu waktu. Atau jika salah satu dari orang tua Anda mengalami patah tulang pinggul. 

Beberapa kebiasaan buruk dapat meningkatkan risiko osteoporosis, di antaranya: 
-Kurang bergerak. Orang yang menghabiskan banyak waktu duduk memiliki risiko osteoporosis lebih tinggi daripada mereka yang lebih aktif. Latihan dan aktivitas berat badan yang meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh yang baik, bermanfaat bagi tulang Anda. Namun berjalan, berlari, melompat, menari dan angkat beban sangat membantu menurunkan risiko osteoporosis.

-Konsumsi alkohol berlebih. Konsumsi rutin lebih dari dua minuman beralkohol sehari meningkatkan risiko osteoporosis Anda.

-Merokok. Sebenarnya belum ada kejelasan keterkaitan langsung antara tembakau dengan osteoporosis. Namun telah ditunjukkan bahwa penggunaan tembakau berkontribusi pada tulang yang lemah.

Cegah sebelum terlambat

Nutrisi yang baik dan olahraga teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Ini yang dibutuhkan untuk menjaga tulang Anda: 

Protein
Protein adalah salah satu blok bangunan tulang. Protein bisa didapat dari ikan, daging, kedelai, kacang-kacangan, kacang polong,  susu dan telur. 

Menjaga berat badan
Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan keropos tulang dan patah tulang. Kelebihan berat badan sekarang diketahui bisa meningkatkan risiko patah tulang di lengan dan pergelangan tangan Anda. Dengan demikian, menjaga berat badan sesuai baik untuk tulang sama seperti kesehatan pada umumnya.

Kalsium
Laki-laki dan dan perempuan berusia antara 18 dan 50 membutuhkan 1.000 miligram kalsium sehari. Jumlah harian ini meningkat menjadi 1.200 miligram saat perempuan berusia 50 tahun dan laki-laki berusia 70 tahun. Sumber kalsium yang baik meliputi:
-Produk susu rendah lemak
-Sayuran berdaun hijau gelap
-Kalengan salmon atau sarden dengan tulang
-Produk kedelai, seperti tahu
-Sereal dan jus jeruk yang diperkaya kalsium

Jika Anda merasa sulit mendapatkan cukup kalsium dari makanan Anda, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium. Namun, terlalu banyak kalsium telah dikaitkan dengan batu ginjal. Meski belum jelas, beberapa ahli menyarankan bahwa terlalu banyak kalsium terutama pada suplemen dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Institute of Medicine merekomendasikan bahwa asupan kalsium total, dari suplemen dan kombinasi diet, sebaiknya tidak lebih dari 2.000 miligram setiap hari untuk orang-orang yang berusia lebih dari 50 tahun.

Vitamin D

Vitamin D meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dan meningkatkan kesehatan tulang dengan cara lain. Orang bisa mendapatkan cukup vitamin D dari sinar matahari. Beruntungnya kita hidup di negara tropis sehingga berlimpah sinar matahari. 

Para ilmuwan belum mengetahui dosis optimal vitamin D setiap orang. Titik awal yang baik untuk orang dewasa adalah 600 sampai 800 unit internasional (IU) sehari, melalui makanan atau suplemen. Bagi orang-orang tanpa sumber vitamin D lain dan terutama dengan paparan sinar matahari terbatas, suplemen mungkin diperlukan. Sebagian besar produk multivitamin mengandung antara 600 dan 800 IU vitamin D. Sampai 4.000 IU vitamin D sehari aman bagi kebanyakan orang.

Olahraga
Olahraga dapat membantu Anda membangun tulang yang kuat dan memperlambat kehilangan tulang. Berolahragalah secara teratur saat Anda masih muda dan terus berolahraga sepanjang hidup Anda. 

Kombinasikan latihan kekuatan dengan latihan beban dan keseimbangan. Latihan kekuatan membantu memperkuat otot dan tulang di lengan dan tulang belakang bagian atas, dan latihan menahan beban - seperti berjalan, joging, berlari, memanjat tangga, melewatkan tali, bermain ski dan olahraga yang menghasilkan dampak - terutama mempengaruhi tulang di kaki Anda, pinggul dan tulang belakang yang lebih rendah. Latihan keseimbangan seperti tai chi dapat mengurangi risiko terjatuh terutama saat Anda bertambah tua.

Berenang, bersepeda dan berolahraga pada mesin seperti pelatih elips dapat memberikan latihan kardiovaskular yang baik, tapi tidak membantu peningkatan kesehatan tulang.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 

Anda punya pertanyaan seputar Osteoporosis ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma