Profile
Alergi

P3K Alergi Untuk Anak Anda

P3K Alergi Untuk Anak Anda

Selama ini alergi seringkali dipandang sebelah mata. Padahal, angka kejadian alergi meningkat setiap tahun.  Menurut World Allergy Organization (WAO) 2011, angka penyebaran alergi mencapai 30-40% populasi dunia. Hal ini disebabkan oleh pola hidup masyarakat dan juga kurangnya pemahaman masyarakat mengenai alergi. Padahal, alergi bisa memiliki dampak terhadap kesehatan di masa depan, seperti timbulnya asma dan rhinitis serta meningkatnya risiko penyakit degeneratif.

Untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat, Sarihusada bekerjasama dengan Departemen IKK FK UI menggalakkan program 3K, atau konsep Kenali, Konsultasikan dan Kendalikan. Kenali adalah mengenal pengertian alergi dengan benar, faktor risiko, penyebab, serta gejalanya. Sedangkan Konsultasikan merupakan langkah selanjutnya, yaitu konsultasi kepada dokter begitu risiko diketahui atau terdapat kejadian yang menyerupai gejala alergi. Dan terakhir adalah Kendalikan, merupakan tindakan pencegahan maupun pengobatan sesuai saran dokter.

Sebagai upaya pencegahan, selain menghindari alergen pemicu alergi, Anda perlu menyiapkan kotak P3K alergi di rumah. Dengan adanya perangkat ini, gejala alergi bisa ditekan seminimal mungkin. Berikut adalah daftar barang yang harus ada di kotak P3K alergi Anda.

Epinefrin

Untuk si Kecildenganalergi yang parah, suntikanhormoninibereaksisecepatmunculnyareaksialergi. Miliki setidaknya satu epinefrin auto-injektor, seperti Auvi-Q atau EpiPen, dalam kotak darurat Anda. Buat catatan tanggal kedaluwarsa dan ganti injektor sebelum tanggal itu berakhir.

INGAT: Jangan meninggalkan epinefrin di mobil atau di mana saja dalam suhu sangat panas atau dingin. Fluktuasi suhu dapat menurunkan kekuatan tembakan dan membuatnya  kurang efektif. Beritahu teman Anda, anggota keluarga, dan rekan kerja di mana Anda menyimpan epiferin Anda. Baca petunjuk pengunaan dengan saksama.

Inhaler

Simpan inhaler dalam kotak Anda di rumah jika Si Kecil kerap mengalami masalah pernapasan atau gejala asma selama musim alergi. Perhatikan tanggal kedaluwarsanya dan ganti sebelum tanggal itu berakhir.

INGAT: Gunakan inhaler hanya jika diresepkan oleh dokter dan jangan pernah menggunakan inhaler orang lain.

Antihistamin cair

Antihistamin dapat memerlambat atau menghentikan episode alergi jika cepat diminum begitu reaksi alergi muncul. Jika Anda tidak memiliki auto-injektor epinefrin atau tidak dapat menggunakannya, antihistamin cair dapat menyelamatkan hidup Si Kecil.

Informasi medis

Buat selembar informasi medis untuk setiap kotak P3K alergi   Anda. Isi dengan informasi: Si Kecil  alergi apa, obat apa yang harus diberikan ketika reaksi alergi menyerang, nomor telepon darurat medis, informasi asuransi kesehatan Anda, dan nomor telepon dokter langganan Anda.

INGAT: Perbarui informasi jika ada perubahan. Informasi usang dapat memperlambat pengobatan dan bisa membahayakan diri atau anak Anda sendiri.

Bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang alergi anak, kunjungi www.alergianak.com

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya