Profile
Nutricoach

Penuhi Kebutuhan Asam Folat Sebelum Hamil

Penuhi Kebutuhan Asam Folat Sebelum Hamil

Asam folat penting untuk ibu hamil dan wanita yang merencanakan kehamilan

Kecacatan pada selubung saraf atau dikenal sebagai neural tube defect (NTD) merupakan kecacatan bawaan sebelum bayi lahir akibat gagalnya proses penutupan tabung saraf dalam masa pembentukan embrio atau calon janin. Akibatnya, bayi yang dilahirkan akan mengalami kecacatan pada otak dan saraf tulang belakangnya sehingga menyebabkan keterbelakangan mental bahkan ketidakmampuan untuk bertahan hidup di usia bayi-anak. 
 
Sudah banyak bukti yang menyatakan bahwa suplementasi asam folat dapat menurunkan angka kejadian kecacatan tersebut, sehingga di Indonesia sudah menjadi program nasional untuk memberikan suplemen asam folat bersama dengan zat besi kepada ibu hamil sejak awal kehamilannya.
 
Apa itu asam folat? Asam folat merupakan anggota dari kelompok vitamin B (vitamin B9) yang berperan membantu metabolism nukleat dan asam amino yang sangat penting dalam proses pertumbuhan. Dari berbagai kelompok usia, Ibu hamil sangat berisiko mengalami kekurangan asam folat karena selama masa kehamilan akan terjadi peningkatan kebutuhannya yang sangat bermakna, khususnya pada periode pertumbuhan cepat dari janin, yaitu di trimester-2 dan trimester-3.
 
Seorang perempuan sebaiknya mempersiapkan kecukupan asam folat sejak sebelum hamil agar saat hamil tidak mengalami kekurangan asam folat. Asam folat terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan meskipun sebagian dalam kadar yang sedikit. Asam folat dapat diperoleh cukup banyak terutama dari kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau. Dengan mengonsumsi tiga atau lebih porsi sayuran berdaun hijau yang segar dalam sehari Ibu dapat memperoleh asupan asam folat yang mencukupi. Sayangnya, asupan asam folat dari makanan tidak dapat diserap seluruhnya oleh saluran cerna, sehingga suplementasi asam folat masih dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhannya.
 
Berapa angka kecukupan asupan asam folat bagi perempuan usia produktif dan bagaimana cara mencukupinya dari asupan makanan? Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dianjurkan, kecukupan asupan asam folat adalah 400 mikrogram per-hari. 
 
Berikut adalah pilihan bahan makanan yang kaya kandungan asam folat:
 
Kandungan asam folat                Bahan makanan
100-200 mikrogram/porsi           1 mangkok bayam
                                                   1 potong hati sapi atau hati ayam
50-100 mikrogram/porsi              ½ mangkok kacang merah
25-49 mikrogram/porsi                1 mangkok bunga kol
                                                    1 butir telur ayam
<25 mikrogram/porsi                    ½ mangkok kacang buncis
 
Kecukupan asam folat bagi perempuan usia produktif, ternyata tidak saja untuk mempersiapkan kecukupan kebutuhannya menjelang kehamilannya sehingga bisa mencegah terjadinya NTD, namun juga untuk mencegah terjadinya kerusakan dinding pembuluh darah. Bila kerusakan dinding pembuluh darah ini terjadi saat kehamilan maka dapat menyebabkan gangguan aliran darah ke plasenta sehingga mengakibatkan terjadinya gangguan pada fungsi plasenta dan keguguran atau abortus. Inilah yang mendasari mengapa asam folat sangat dibutuhkan sejak awal kehamilan, dengan jumlah 200 mikrogram lebih banyak disbanding kebutuhannya saat sebelum hamil.
 
Bagaimana kita dapat mengetahui kalau kekurangan asam folat? Yang paling mudah adalah dengan memonitor dari asupan makanan sehari-hari, apakah sudah mengikutsertakan bahan makanan yang kaya kandungan asam folat, seperti kacang-kacangan, sayur berdaun hijau dan/atau produk makanan yang telah diperkaya dengan asam folat, semisal susu. Untuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium untuk pengukuran folat dalam darah. Batas normal konsentrasi folat darah pada perempuan tidak hamil adalah 5,4-18 mikrogram per-L. Bila kecukupan asam folat belum terpenuhi dari asupan makanan, maka perlu dipertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen asam folat, agar dapat mempersiapkan datangnya kehamilan dengan sehat. (Dr.dr. Saptawati Bardosono, MSc-INA)
 
Referensi:
World Health Organization. Healthy eating during pregnancy and breastfeeding: Booklet for mothers. 2001.
 
Kemenkes. Angkakecukupangizi yang dianjurkanbagibangsa Indonesia. 2013.
Anda punya pertanyaan seputar Nutricoach ?
Ask Doctor
Sperma atau air mani adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis.Lalu bagaimana cara memperbanyak sperma yang benar menurut dokter. 6 Cara Memperbanyak Sperma Bahaya merokok bagi kesehatan, selain kanker, juga bisa mempercepat penuaan dan masalah seksual. Tidak hanya perokok aktif yang mendapatan efek negatif rokok. Bahaya Merokok Bagi Kesehatan