Profile
Strep Throat

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang dapat menyerang segala kalangan usia namun risiko terjadinya radang tenggorokan akan lebih besar pada beberapa orang yaitu anak-anak, perokok, penderita alergi dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. 

Radang tenggorokan merupakan rasa sakit, gatal atau iritasi yang terjadi di tenggorokan. Si penderita juga umumnya akan mengalami kesulitan menelan makanan dan cairan dan rasa sakit akan bertambah parah saat mencoba menelan. Namun gejala lainnya juga meliputi tenggorokan kering, pembengkakan kelenjar di bagian leher, bercak putih di tonsil dan suara serak. 

Penyebab radang tenggorokan dapat terjadi akibat infeksi virus, infeksi bakteria, dan juga penyebab lainnya. Mari kita lihat satu demi satu penyebab radang tenggorokan ini.

Infeksi Virus    
Sebagian besar radang tenggorokan dipicu oleh infeksi-infeksi yang diakibatkan oleh virus. Beberapa penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan adalah:
Campak
•Cacar air
•Mononukleosis
•Common cold
Flu atau Influenza 
•Infeksi pada pita suara
•Penyakit gondok
•Herpangina
Virus-virus yang menyebabkan penyakit infeksi di atas antara lain: rhinovirus, coronavirus, virus parainfluenza, virus flu tipe A dan B, adenovirus, virus herpes simpleks tipe 1 dan juga virus Epstein-Barr.


Infeksi Bakteria 
Infeksi yang disebabkan oleh bakteria bisa juga menjadi penyebab radang tenggorokan. Beberapa tipe infeksi karena bakteri antara lain:
•Radang tenggorokan yang disertai oleh demam yang disebabkan oleh bakteri Streptococcal
•Difteri yang merupakan penyakit saluran pernapasan yang sangat menular
•Batuk rejan yang merupakan penyakit yang terjadi di selaput lendir pernapasan
•Infeksi seperti tonsilitis, abses peritonsiliar, epiglotiitis, uvulitis, gonorea atau kencing nanah, klamidia.

Penyebab Radang Tenggorokan Lainnya
Penyebab lainnya yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan antara lain:
•Alergi
Alergi terhadap bulu hewan, debu, serbuk sari, dan jamur dapat menyebabkan radang tenggorokan.

•Kekeringan
Udara kering di dalam ruangan terutama di musim dingin ketika bangunan dipanaskan dapat menyebabkan tenggorokan terasa kasar dan gatal terutama pagi hari ketika pertama kali bangun. Bernapas melalui mulut juga dapat menyebabkan tenggorookan kering dan serak


•Iritasi
Polusi udara bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan secara berkelanjutan. Polusi di dalam ruangan seperti asap rokok atau kimia juga bisa menyebabkan radang tenggorokan kronis. Mengunyah tembakau, meminum alkohol dan memakan makanan pedas juga bisa mengiritasi tenggorokan.

•Tegang otot
Anda bisa menegangkan otot di bagian tenggorokan Anda sama seperti anda menegangkan otot bagian tangan atau kaki Anda. Berteriak saat pertandingan olahraga, mencoba berbicara pada seseorang pada lingkungan yang berisik atau berbicara dalam jangka waktu yang panjang tanpa istirahat juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan dan suara serak.

•GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)
GERD merupakan gangguan sistem pencernaan dimana cairan asam lambung atau isi lambung lainnya naik kembali ke esofagus. Gejala lainnya dapat meliputi rasa terbakar di ulu hati, suara serak, ada rasa terganjal di tenggorokan, dan juga regurgitasi isi perut.

•Infeksi HIV atau AIDS
Radang tenggorokan dan gejala seperti flu lainnya juga terkadang muncul setelah seseorang terinfeksi dengan HIV. Penderita HIV positif juga bisa menderita radang tenggorokan kronis karena infeksi sekunder.

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Anda punya pertanyaan seputar Strep Throat ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil