Profile
Leukimia, kanker darah

Penyimpanan Darah Tali Pusat: Perlukah Menyimpan Sel Punca Bayi Anda?

Penyimpanan Darah Tali Pusat: Perlukah Menyimpan Sel Punca Bayi Anda?

Manfaat menyimpan darah tali pusat.

Penyimpanan darah tali pusat belakangan ini menjadi perbincangan. Atau mungkin Anda pernah mendapatkan tawaran untuk penyimpanan darah tali pusat bayi Anda.

Apa sih sebenarnya darah tali pusat, bagaimana prosedur yang digunakan, dan mengapa Anda sebagai orangtua, sebaiknya menyimpan darah tali pusat si Kecil?

Calon ibu dan reporter Herald Focus, Laura McGoldrick, bertemu dengan salah satu pendiri Cord Bank, Jenni Raynish, untuk mencari tahu lebih jauh.

APA ITU DARAH TALI PUSAT?

Darah tali pusat adalah sumber yang kaya akan sel punca, dan ia dapat digunakan dalam terapi lusinan penyakit, termasuk di antaranya leukemia, limfoma dan anemia.

Menurut Raynish, proses yang dilakukan lebih sederhana daripada yang dapat dipikirkan oleh orang tua: “Penyimpanan darah tali pusat adalah pengumpulan sel punca darah tali pusat yang ada di dalam tali pusat bayi baru lahir saat mereka dilahirkan. Hal yang membuat sel punca darah tali pusat itu special adalah karena mereka seperti mesin turbo dan sangat berharga karena satu-satunya waktu di mana kita dapat mengumpulkannya adalah saat bayi dilahirkan.”

Raynish mengatakan selama 15 tahun pengalamannya di bisnis ini, ia telah melihat orang-orang menggunakan darah tali pusat yang mereka simpan untuk berbagai kondisi.

Putri pasangan Jillian dan Daniel Friedlander, Maia, adalah orang New Zealand pertama yang merasakan hasil positif dari infus darah tali pusatnya sendiri. Maia mengalami cidera otak saat lahir, dan Raynish mengatakan bahwa memanfaatkan darah tali pusat Maia menjadi sesuatu “yang membuat perbedaan dalam proses penyembuhannya”.

Jillian mengatakan ia tidak pernah berpikirakan menggunakan sel punca yang disimpan sedini ini, namun ia bersyukur dapat memanfaatkannya.

“Syukurlah kami memilikinya. Ia adalah seorang anak dengan gangguan berat. Saat Anda melihatnya di video yang ditampilkan di hadapan Anda seperti cermin, Anda baru dapat memahami realitas yang terjadi.”

“Saya kembali dengan gadis yang berbeda. Mereka seperti dua anak yang berbeda setelah Maia menerima infus darah tali pusatnya sendiri.”

Ia mengatakan sebelum prosedur tersebut mata Maia terlihat “sedikit keruh”. Namun setelah infus, matanya berubah menjadi “sejernih kristal”, fokus serta ia dapat merangkai kata-kata dan akhirnya memanggil Jillian “Mama”.

Raynish juga bercerita mengenai seorang anak yang didiagnosis mengalami kanker stadium 4 yang menggunakan sel puncanya sendiri untuk regenerasi system imun dan akhirnya sembuh secara menyeluruh.

“Ia masih hidup dan sehat hari ini,” ujar Raynish, menggambarkan pengalaman ini sebagai “sangat fantastis”.

BIAYA YANG DIBUTUHKAN

Menurut Raynish, biaya yang dibutuhkan untuk penyimpanan darah tali pusat relatif murah jika dibandingkan dengan hal-hal material yang dibeli sebagian besar orangtua untuk anak mereka yang pada akhirnya tidak terpakai lagi.

“Berbeda dengan darah tali pusat, Anda tahu bahwa jika Anda berinvestasi dengan menyimpannya saat mereka lahir, Anda dapat menyimpannya sepanjang hidup mereka.”

Untuk mendapatkan edukasi lebih lanjut mengenai bagaimana Sel Punca dari Darah Tali Pusat dapat berperan dalam terapi Leukemia, serta mendapatkan Voucher Diskon Penyimpanan Darah Tali Pusat, klik disini

Sumber: www.nzherald.co.nz

Anda punya pertanyaan seputar Leukimia, kanker darah ?
Ask Doctor
Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa?