Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Radang Tenggorokan, Ini Obatnya

Radang Tenggorokan, Ini Obatnya

Radang tenggorokan adalah keadaan dimana tenggorokan akan mengalami nyeri, luka atau iritasi yang dapat membuat si penderita menjadi sulit menelan. Namun, secara medis, radang tenggorokan adalah kondisi ketika tenggorokan terinfeksi dengan bakteri.

Radang tenggorokan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dibagian tenggorokan yang disebabkan oleh peradangan dan biasanya akan membuat Anda menjadi batuk, gatal, suara serak serta sakit saat menelan.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara dan obat yang dapat Anda konsumsi untuk mengusir radang tenggorokan yang tentunya dapat menghambat aktivitas Anda sehari-hari:

1.    Penisilin
Pada beberapa kasus radang tenggorokan, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik oral untuk membantu dalam meringankan sakit tersebut, salah satunya adalah penisilin. Jenis obat yang satu ini biasanya digunakan untuk anak kecil yang mengalami kesulitan dalam menelan atau muntah. Hal itu disebabkan karena obat ini biasa diberikan melalui suntikan.


2.    Antibiotik
Antibiotik memang selalu dianggap sebagai obat dari segala penyakit. Namun, antibiotik hanya dapat berfungsi untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Walaupun kebanyakan radang tenggorokan disebabkan oleh virus dan tidak memerlukan antibiotik. Tetapi, ada beberapa kasus radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan mendalam untuk menentukan dan meresepkan antibiotik.

3.    Konsumsi sup ayam
Para ahli kesehatan menunjukkan bahwa kandungan sodium dalam kaldu ayam merupakan anti inflamasi yang dipercaya dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.


4.    Cuka sari apel
Mengonsumsi cuka sari apel memang diyakini dapat meringankan gejala radang tenggorokan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyampurkan satu sendok cuka sari apel ke dalam air hangat, lalu kemudian digunakan untuk berkumur beberapa saat sebelum di telan.

Selain mengonsumsi dan melakukan beberapa hal tersebut, tetapi cara paling ampuh agar radang tenggorokan cepat sembuh. Sebaiknya Anda melakukan istirahat yang cukup dan tak lupa untuk memperbanyak mengonsumsi cairan, seperti air putih dan vitamin C. (PR)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan