Profile
Strep Throat

Redakan Panas Dalam Pemicu Radang Tenggorokan

Redakan Panas Dalam Pemicu Radang Tenggorokan

Panas dalam merupakan keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Panas dalam bukanlah suatu penyakit melainkan suatu kondisi di mana tubuh mengalami panas yang berlebihan, terutama di sistem pencernaan. 

Panas dalam bisa disebabkan karena kekurangan vitamin C, kurang mengonsumsi serat, tubuh mengalami dehidrasi, mengonsumsi berlebihan makanan yang berlemak seperti gorengan, atau bahkan karena cuaca panas. Tidak seimbangnya mengonsumsi makanan yang bersifat panas dan dingin juga bisa menjadi penyebab munculnya gejala panas dalam. Makanan yang bersifat panas antara lain gorengan, cabai, lemak, daging dan lainnya. Sedangkan sayuran dan buah-buahan dimasukkan dalam jenis makanan dingin. 

Dalam dunia medis tidak dikenal istilah panas dalam. Hanya saja, banyak orang yang telanjur menganggap bahwa gejala-gejala yang timbul, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, tenggorokan kering, tenggorokan gatal, bersin-bersin, gangguan pencernaan dan tubuh meriang, adalah gejala panas dalam. 

Untuk mengobati panas dalam sebenarnya mudah saja, tergantung dari keluhan yang Anda rasakan. Jika gejalanya ada di tenggorokan, maka yang diobati adalah tenggorokannya. Rasa nyeri, gatal dan iritasi yang terjadi pada tenggorokan mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan dalam menelan makanan dan cairan. Biasanya radang tenggorokan dapat pula ditemani oleh pembengkakan kelenjar pada leher, bercak-bercak putih pada tonsil, suara serak serta tenggorokan yang terasa kering.

Kondisi ini bukanlah hal serius yang harus segera diobati oleh dokter. Radang tenggorokan baru sebaiknya diwaspadai saat terjadi kondisi sulit bernapas, rasa sakit persendian, sulit menelan, sakit pada telinga, ruam pada kulit, demam di atas 38 derajat Celsius, lendir berdarah, benjolan pada tenggorokan hingga serak yang berlangsung hingga lebih dari dua minggu.

Untuk mengobati panas dalam penyebab radang tenggorokan, berbagai pemicu alergi dan polusi harus dihindari sembari memastikan tubuh mendapatkan cukup asupan air dan cairan hangat dalam bentuk teh, sup dan air biasa yang dapat melegakan tenggorokan. Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan larutan air garam untuk berkumur.

Untuk meredakan nyeri pada tenggorokan secara cepat, cobalah Strepsils, tablet hisap yang dapat bekerja cepat membersihkan tenggorokan dari virus-virus yang menempel dan menyebabkan panas dalam. Di dalam Strepsils, terdapat dua zat aktif, yaitu Amylmetacresol 0.6 mg yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan. Dan Dibenal 1.2 mg, merupakan antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi gangguan. Kandungan Strepsils makin lengkap berkat Levomenthol yang dapat meredakan rasa sakit atau gatal. Selain produknya tepercaya dan bisa Anda dapatkan dengan mudah, efeknya bisa Anda rasakan dalam waktu 5 menit, lebih cepat dari produk lain. Mengonsumsi Strepsils, panas dalam membaik dan radang tenggorokan Anda tidak akan berkembang menjadi semakin serius. 

Ada banyak varian Strepsils, yang bisa Anda pilih sesuai selera. Ada Strepsils Original dengan rasa peppermint. Strepsils soothing dengan rasa madu dan lemon. Strepsils Cool dengan sensasi dinginya. Strepsils vitamin C dengan kandungan 1000 mg vitamin C. Strepsils Sugar Free denganr rasa lemon yang cocok untuk penderita diabetes. Dan Strepsils Children dengan rasa strawberry dan aman untuk anak. 

Ingin tahu lebih jauh tentang jenis sakit tenggorokan yang Anda alami, sekaligus menemukan solusi tepat? Unduh saja aplikasi mobile “How’s Your Throat Today?” pada smartphone Android atau Ios. Melalui aplikasi ini, Anda dapat s mengecek kondisi tenggorokan saat ini dengan mudah, cepat dan bebas biaya. 

Caranya, gampak kok. Tes suara Anda. Atau mengirimkan foto tenggorokan untuk didiagnosa sementara. Anda juga dapat menggunakan fitur menarik lainnya, seperti “Ask The Expert,” mengetahui mitos dan fakta tentang sakit tenggorokan dan mengecek kondisi cuaca. Aplikasi ini sudah tersedia lho, di Apps Store dan Google Playstore. So, tunggu apa lagi? Yuk, segera diunduh. 

Anda punya pertanyaan seputar Strep Throat ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya