Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Rhinitis Alergi, Kenali Gejalanya!

Rhinitis Alergi, Kenali Gejalanya!

Sering bersin, hidung tersumbat, dan gatal pada tenggorokan? Bisa jadi itu adalah gejala rhinitis alergi. 

Rhinitis adalah peradangan karena alergi yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh seseorang mengalami reaksi imunitas terhadap suatu partikel zat yang dihirup, seperti debu, serbuk sari atau bulu hewan peliharaan. Partikel zat tersebut-biasa disebut alergen, menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membuat Anda bersin-bersin dan hidung tersumbat. Rhinitis alergi merupakan kasus yang umum, banyak di antara kita yang mungkin pernah mengalami rhinitis. Namun, sayangnya kebanyakan orang  seringkali menganggap sepele keluhan ini. 

Sebagian besar dari kita, kerap menyamakan rhinitis alergi dengan flu. Pasalnya, gejala yang ditimbulkan dari alergi rhinitis memang tidak berbeda jauh dengan flu. Namun, meski gejalanya sama, sumber dari dua penyakit ini jelas berbeda. Jika flu disebabkan oleh virus, rhinitis alergi disebabkan oleh alergan atau sesuatu hal atau zat yang dapat menyebabkan hidungnya menjadi lebih sensitif. Hal lain yang menjadi pembeda dengan flu adalah seseorang yang mengalami alergi biasanya telah memiliki gejala selama bertahun-tahun. Namun, pada sebagian orang, gejala memang hanya timbul pada waktu-waktu tertentu.

Rhinitis kerap dianggap penyakit yang tidak perlu penanganan dokter. Atau bila mengganggu, hanya perlu mengonsumsi obat bebas, keluhan akan hilang dengan sendirinya. Padahal, rhinitis alergi dapat berisiko terhadap beberapa penyakit lainnya lho, seperti sinusitis dan infeksi telinga. Karena itulah, jika Anda atau keluarga mengalami gejala-gejala rhinitis, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Berikut adalah gejala alergi rhinitis yang harus Anda ketahui:

1.Bersin berulang kali terutama pada saat pagi hari
2.Pilek atau flu
3.Kelopak mata akan terlihat membengkak
4.Timbul rasa gatal pada beberapa bagian tubuh, seperti mulut, tenggorokan, telinga dan juga wajah
5.Mengalami radang tenggorokan
6.Batuk kering
7.Hidung akan berlendir dan menjadi tersumbat
8.Sakit kepala
9.Terasa nyeri pada wajah


10.Beberapa indera akan hilang secara perlahan, seperti pendengaran, penciuman dan juga rasa
11.Timbul perasaan tidak enak, seperti menjadi mudah marah, kelelahan dan juga murung
12.Timbul lingkaran hitam di bagian bawah mata
13.Mata akan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya
14.Tidak dapat beristirahat dengan baik yang akibatnya dapat membuat aktivitas Anda menjadi terganggu.

Ada pepatah bilang, lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena itu, untuk menghindari rhinitis alergi, sebaiknya Anda rutin membersihkan rumah agar tidak ada debu yang menumpuk atau kotor.  Hindari pula bulu bintang. Tak kalah penting, selalu gunakanlah masker selama Anda melakukan aktivitas di luar rumah.  Semoga bermanfaat! (PR)

Ditinjau oleh: dr. Aria Wibowo 

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif