Profile
Strep Throat

Sakit Tenggorokan? Tuntaskan dengan Strepsils

Sakit Tenggorokan? Tuntaskan dengan Strepsils

Pernah sakit tenggorokan? Siapa pun tentu pernah mengalami keluhan ini, termasuk Anda. Sakit tenggorokan memang tidak pandang usia, anak-anak maupun orang dewasa bisa mengalaminya. Biasanya ‘serangan’ ini datang tiba-tiba, paling sering dialami, setelah kita mengonsumsi makanan pedas atau terlalu banyak makan gorengan. Kondisi sakit tenggorokan biasanya makin parah bila kondisi tubuh kita sedang tidak prima. 

Umumnya sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Meski begitu, tidak selalu biang keladinya adalah virus. Bakteri juga bisa jadi penyebab sakit tenggorokan. Apa pun penyebabnya, gejala dari sakit tenggorokan adalah sama, yaitu sulit menelan, gatal, suara serak dan bengkak pada tenggorokan. Bahkan tak jarang sakit tenggorokan diiringi dengan demam. 

Meski bukan penyakit berat, namun bila penanganannya tidak tepat, sakit tenggorokan bisa berlarut-larut dan berdampak pada tubuh Anda yang lain. Inilah yang akan terjadi bila sakit tenggorokan tak kunjung reda. 

Tonsillitis
Tonsillitis adalah pembengkakan tonsil atau amandel. Gejala yang muncul akibat tonsillitis adalah sakit tenggorokan yang berwarna merah, amandel membengkak, demam, sakit kepala, dan/ sakit perut pun menyertai. Selain amandel yang membengkak, sakit dan nyeri pun biasanya dialami di sekitar langit-langit lunak, langit mulut, serta kesulitan saat membuka mulut dan menelan. 

Nah, jika penyebab radang amandel ini tidak segera diobati maka tonsil akan semakin membesar dan mengalami pembengkakan yang semakin parah hingga bisa menyebabkan jalan napas terhalang. Selain orang dewasa, pembengkakan pada tonsil ini pun dapat terjadi pada anak-anak yang juga dapat menyebabkan sumbatan pada jalan napas. Sehingga anak akan mengorok pada saat tidur sampai bisa menjadi sleep apnea. Nah, jika kondisi ini terus berulang bisa mengindikasi tindakan tonsilektomi. 

Faringitis
Faringitis merupakan radang selaput lendir dan bagian yang mendasari faring. Kondisi ini suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorokan. 

Faringitis bisa mencapai pada tahap kronis, jika radang tenggorokan sudah berlangsung pada waktu yang sangat lama, misalnya terjadi lebih dari 3 bulan. Faringitis biasanya tidak disertai dengan nyeri menelan. Namun, akan terasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan. Selain itu, keluhan yang hebat pun bisa menjadi serangan yang akut. 

Laryngitis
Laryngitis merupakan peradangan yang terjadi pada laring yang dapat menyebabkan suara menjadi parau. Laryngitis termasuk dari salah satu penyakit tengorokan dan umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, dan virus atau bakteri tersebut dapat menular. Pada laryngitis yang telah akut, umumnya akan terjadi selama beberapa hari saja. Namun, jika pada laryngitis kronis akan bertahan hingga lebih dari 3 minggu atau lebih. Hal yang lebih menakutkan adalah jika terkena laryngitis kronis yang berat hingga bisa menyebabkan pneumonia (infeksi paru). 

Nah, biar sakit tenggorokan tidak bertambah parah dan meredakan gejala awal sakit tenggorokan segeralah memperbaiki kondisi tubuh dan menerapakan pola hidup sehat, di antaranya menghindari merokok (jika Anda merokok). Bila Anda tidak merokok, menjauhlah dari asap rokok karena bisa memperparah kondisi iritasi Anda. Istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Kurangi juga konsumsi kafein. Lalu, banyaklah mengonsumsi air putih sehingga terhindar dari dehidrasi dan membuat tenggorokan semakin kering. Selain itu, jangan berdehem untuk membersihkan tenggorokan karena akan menyebabkan terjadinya vibrasi abnormal pada pita suara. 

Untuk meredakan rasa sakit atau gatal pada tenggorokan, Anda bisa mengonsumsi tablet hisap pereda sakit tenggorokan (lozenges). Tablet hisap biasanya memiliki kandungan dua zat aktif, yaitu Amylmetacresol 0.6 mg, yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan. Dan dibenal 1.2 mg, merupakan antiseptic yang dapat membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi gangguan. Ada juga kandungan levomenthol yang dapat meredakan rasa sakit atau gatal. 

Cara kerja zat aktif tersebut adalah ketika tablet dihisap, air liur akan terstimulasi dan membawa kedua zat aktif melapisi tenggorokan dan membunuh patogen gangguan tenggorokan. Umumnya efek lega dan nyaman pada tenggorokan akan bertahan hingga dua jam setelah tablet itu habis di mulut. 

Salah satu tablet hisap pereda sakit tenggorokan yang memiliki kandungan aktif tersebut dan dapat Anda peroleh dengan mudah di pasaran adalah Strepsils. Kelebihan dari tablet hisap ini adalah efeknya bisa Anda rasakan hanya dalam waktu 5 menit, lebih cepat dari produk lain. 
Ada banyak varian Strepsils, yang bisa Anda pilih sesuai selera. Ada Strepsils Original dengan rasa peppermint. Strepsils soothing dengan rasa madu dan lemon. Strepsils Cool dengan sensasi dinginya. Strepsils vitamin C dengan kandungan 1000 mg vitamin C. Strepsils Sugar Free denganr rasa lemon yang cocok untuk penderita diabetes. Dan Strepsils Children dengan rasa strawberry dan aman untuk anak. 

Setelah gejala awal yang Anda alami itu reda, maka tentunya Anda ingin tahu secara lebih detail jenis sakit tenggorokan yang Anda alami dan menemukan solusi yang tepat. Anda tidak perlu jauh-jauh mencari jawabannya, karena Strepsils meluncurkan aplikasi mobile “How’s Your Throat Today?” yang dapat Anda unduh di smartphone Android atau Ios. Melalui aplikasi ini, Anda dapat s mengecek kondisi tenggorokan saat ini dengan mudah, cepat dan bebas biaya. 
Caranya? Simpel saja. Tes suara Anda. Atau mengirimkan foto tenggorokan untuk didiagnosa sementara. Anda juga dapat menggunakan fitur “Ask The Expert,” mengetahui mitos dan fakta tentang sakit tenggorokan dan mengecek kondisi cuaca. Kabar baiknya, aplikasi sudah tersedia lho, di Apps Store dan Google Playstore. Yuk, segera diunduh. 

Anda punya pertanyaan seputar Strep Throat ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu