Profile
Kanker

Sarkoma Ewing, Kanker Tulang yang Bisa Merenggut Anak-Anak

Sarkoma Ewing, Kanker Tulang yang Bisa Merenggut Anak-Anak

Sarkoma Ewing adalah penyakit kanker tulang yang menyerang anak-anak

Sarkoma Ewing, mungkin masih terdengar asing di telinga. Penyakit ini beberapa waktu lalu hangat diperbincangkan di linimasa ketika Lolyta Agustina menutup usia setelah setahun berjuang melawan penyakitnya itu. Seberapa menakutkan sih penyakit ini? 

Sarkoma Ewing adalah jenis kanker yang sangat langka yang tumbuh di tulang atau jaringan lunak di sekitar tulang, seperti tulang rawan atau saraf. Biasanya Ewing Sarkoma menyerang orang-orang dari usia 10 sampai 20 tahun. Istilah sarkoma Ewing diambil dari nama James R. Ewing, seorang ahli patologi dan onkologi yang menjabarkan kasus pertama sarkoma Ewing pada 1921. 

Kanker ini merupakan jenis kanker mematikan kedua dari jenis kanker tulang yang menyerang anak-anak, setelah kanker sarkoma Osteogenik. Pengidapnya kebanyakan adalah anak usia di bawah 20 tahun dan didominasi oleh laki-laki dan keturunan kaukasoid (kulit putih). 

Ada beberapa jenis sarkoma Ewing. Untuk mengetahui jenisnya, biasanya dilihat dimana tumor itu pertama kali terbentuk. Biasanya tumor pertama kali muncul di pelvis, diikuti oleh tulang paha (atau tulang paha). Sarkoma Ewing bisa menyebar ke tulang, sumsum tulang belakang, dan bahkan organ vital lainnya seperti paru-paru, jantung, dan ginjal. 

Jenis sarkoma Ewing adalah sebagai berikut: 
-Tumor tulang: 87% sarkoma Ewing terjadi di tulang, sering muncul di tulang paha, panggul, tulang rusuk, atau tulang belikat. Tapi tumor bisa muncul di tulang manapun.
-Tumor jaringan lunak (ekstra-osseus): Tumor jenis ini mempengaruhi jaringan lunak di sekitar tulang, seperti tulang rawan atau otot. Ini jarang ditemukan di jaringan lunak lengan, kaki, kepala, leher, dada, dan perut.
-Tumor neuroectodermal primitif perifer (pPNET): Tumor jenis ini ditemukan di saraf dan dapat dideteksi di banyak bagian tubuh.
-Tumor askin: Ini adalah jenis tumor pPNET yang ditemukan di dada.

Penyebab
Tidak jelas apa yang menyebabkan sarkoma Ewing, termasuk apakah penyakit ini turunan atau bukan. Sejauh ini, penelitian menunjukkan bahwa ini tidak terkait dengan paparan radiasi, bahan kimia, atau hal-hal luar lainnya di lingkungan. Kemungkinan ini terjadi karena DNA sel berubah setelah lahir. Mengapa hal itu bisa terjadi pun, masih belum diketahui hingga kini. Salah satu kemungkinannya adalah bahwa itu bisa menjadi kanker kedua pada orang-orang yang telah diobati dengan radiasi untuk jenis kanker lain. 

Gejala
Gejala umum yang terlihat pada penderita sarkoma Ewing di antaranya merasa sakit, bengkak, atau kaku di area tumor (lengan, kaki, dada, punggung, atau panggul) selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Gejala ini mirip dengan benjolan atau memar. 

Beberapa gejala lain yang perlu Anda waspadai, di antaranya: 
● Benjolan di dekat kulit yang terasa hangat dan lembut saat disentuh
● Demam rendah yang konstan
● Limping karena kaki Anda sakit
● Nyeri tulang yang memburuk saat Anda berolahraga atau pada malam hari
● Tulang patah tanpa penyebab yang jelas
● Penurunan berat badan
● Selalu lelah
● Kelumpuhan atau kehilangan kontrol kandung kemih jika tumor berada di dekat tulang belakang Anda

Bila Anda melihat gejala ini, segera kunjungi dokter agar bisa melakukan diagnosis. Seperti banyak jenis kanker, jika lebih awal terdeteksi dan diobati, peluang kesembuhannya semakin besar. 

Diagnosa dan Tes
Dokter akan melakukan sejumlah tes untuk melihat apakah Anda memiliki sarkoma Ewing, dan apakah tumor itu telah menyebar dan sampai sejauh mana. Pemeriksaan dimulai dari pemeriksaan fisik, lalu memeriksa area yang sakit untuk tanda-tanda seperti benjolan, kemerahan dan pembengkakan. 

Lalu untuk memastikan, dilakukan sinar X untuk mengambil gambar area tertentu di tubuh Anda dimana tumor dicurigai. Jika sinar X menunjukkan ada masalah, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan, yaitu scan tulang. 

Scan tulang dilakukan untuk mengetahui apakah sel kanker ada di tulang Anda. Sejumlah kecil pewarna radioaktif disuntikkan ke salah satu pembuluh darah. Pewarna akan berkumpul di tulang yang memiliki tumor. Saat berbaring di bawah pemindai tulang, dokter  dapat mendeteksi di mana zat warna radioaktif telah berkumpul.

Lalu ada juga pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan pemindaian tomografi terkomputerisasi (CAT/CT Scan), scan tomogrfi emoisi Positron (PET scan), tes darah dan biopsi untuk memasikan apakah seseorang memiliki sarkoma Ewing. 

Perawatan
Perawatan macam apa yang Anda dapatkan tergantung pada beberapa hal. Beberapa hal yang jadi pertimbangan adalah sebagai berikut: 

-Ukuran tumor Anda
-Dimana telah menyebar
-Kesehatan Anda secara keseluruhan
-Preferensi Anda, yang harus Anda bicarakan dengan dokter Anda
Terapi yang diberikan meliputi kemoterapi untuk membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya, pembedahan untuk mengeluarkan tumor dan menghentikan penyebarannya.

Dalam beberapa kasus, dokter kemungkinan akan mengamputasi lengan atau tungkai jika tumornya telah menyebar. Ada juga terapi dengan radiasi untuk membunuh sel kanker. 
Jika perawatannya berhasil, Anda masih perlu menindaklanjuti dengan dokter Anda selama bertahun-tahun. Sarkoma Ewing dapat kembali bahkan satu dekade setelah diagnosis.
Anak-anak dengan sarkoma Ewing yang belum menyebar, memiliki tingkat penyembuhan setinggi  80%. Ini jauh lebih rendah jika tumor menyebar. Karena itu penting untuk segera menemui dokter jika Anda melihat gejala pada anak Anda.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

 

Anda punya pertanyaan seputar Kanker ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu