Profile
Kesehatan Anak

Seimbangkan Nutrisi dan Keterampilan Sosial Si Kecil

Seimbangkan Nutrisi dan Keterampilan Sosial Si Kecil

Aspek fisik, kognitif, bahasa, emosi dan sosial, sangat penting dalam tumbuh kembang anak.

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh sehat, cerdas, serta percaya diri. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, orang tua perlu melengkapi nutrisi sekaligus mengasah keterampilan sosialnya dengan memberikan stimulasi yang tepat. 

Dalam masa tumbuh kembang anak, orangtua harus memerhatikan keselarasan lima hal penting, yaitu aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi, dan keterampilan sosial. 

“Dalam keterampilan sosial ada beberapa yang perlu dikuasai anak, seperti berteman dan bekerja sama, menyelesaikan pertengkaran, peduli terhadap yang sakit atau kekurangan, marah tanpa mengganggu orang lain, sabar menunggu (mengantri), dan mengikuti aturan,” kata Psikolog Anda dan Keluarga Anna Surti Ariani, M.Psi, Psi, pada kampanye SGM Eksplor yang bertajuk Lengkapi Nutrisi, Jadikan Dunia Sahabatnya,  pada 24-26 Februari 2017, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta. 

Dalam programnya ini, terdapat 4 arena permainan menarik yang dapat mengasah keterampilan sosialnya, yaitu Dunia Safari, Dunia Berkebun, Dunia Samudera, dan Dunia Langit. Keterampilan sosial juga memiliki kaitan yang erat dengan pemenuhan nutrisi si Kecil dalam masa tumbuh kembang.

“Nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi tumbuh kembang anak sejak kecil hingga dewasa. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk mengoptimalkan pemenuhan nutrisi agar tumbuh kembang anak berjalan optimal,” ujar Dokter spesialis gizi klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK.

Ia juga menambahkan bahwa dengan permainan yang tersedia di acara ini dapat memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang pentingnya pemenuhan nutrisi yang optimal untuk menjaga kesehatan, misalnya anak-anak diajak untuk tidak takut dengan perbedaan cuaca. Dengan nutrisi yang optimal, anak-anak akan punya daya tahan yang baik dalam menghadapi pergantian cuaca.

Zee Zee Shahab, seorang selebriti mengungkapkan, “Selaku Ibu dari seorang anak yang sedang aktif mengeksplor lingkungan sekitar, saya selalu memperhatikan asupan nutrisi anak saya, melalui makan yang bergizi seimbang, dilengkapi minum air putih dan aktivitas fisik yang cukup.”

Guna melengkapi nutrisi anak, SGM Eksplor yang merupakan susu pertumbuhan bernutrisi baik dapat menjadi pilihan para orang tua. Sebab, SGM Eksplor sudah lebih dari 60 tahun berpengalaman dalam menyediakan produk nutrisi bagi anak-anak Indonesia.

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat